Keluarga Pertama di Bumi… (Kisah Adam & Hawa)

GambarBAYANGKAN, berada di bumi yang maha luas sendirian. Dan mengetahui sang kekasih juga berada di bumi yang sama, namun entah di belahan mana. Tak ada teman untuk berbincang dan berbagi rasa. Betapa sepinya. Betapa rindunya. Inilah yang dialami Nabi Adam as dan isterinya Hawa ketika pertama kali diturunkan ke bumi, di tempat yang berbeda, terpisah jarak yang sangat jauh. Keadaan ini harus mereka terima dan jalani cukup lama (ada riwayat yang menyebut 500 tahun dan ada yang menyebut 300 tahun, ada juga yang menyebut 40 tahun, tapi ada juga yang menulis hanya 40 hari). Mereka akhirnya bertemu di suatu tempat di bumi yang bernama Jabal Rahmah, Arafah (sekarang Arab Saudi).

Seperti diketahui Allah Swt menciptakan Adam untuk dijadikan sebagai Khalifah di muka bumi, mengelola bumi ini beserta segala isinya. Namun sebelum diturunkan ke bumi, ia ditempatkan di Surga. Saat masih di Surga, Allah Swt juga menciptakan seorang pasangan untuk mendampinginya yang kemudian diberi nama Hawa (QS Al-Baqarah ayat 35). Sebelum diturunkan ke bumi Adam dan Hawa tergoda Iblis melanggar larangan Allah Swt dengan memakan buah Khuldi. Insiden inilah yang akhirnya menjadi sebab keduanya diturunkan ke bumi (QS Al-Baqarah ayat 30 – 39 / QS Al-A’raf ayat 11-25). Lalu Adam dan Hawa menyesali perbuatannya dan bertaubat (menurut riwayat, Adam dan Hawa menangis terus-menerus selama 60 tahun karena ‘terusir’ dari nikmat Syurga yang tidak mereka dapatkan di bumi). Allah Swt kemudian menerima taubat keduanya lalu menunjuk Adam sebagai Rasul-Nya (QS Thaha ayat 122).

.

himalaya1

Nabi Adam diturunkan ke bumi di pegunungan tertinggi saat itu. Dan inilah pegunungan tertinggi di bumi saat ini, Gunung (Pegunungan) Himalaya…

.

Nabi Adam as diturunkan ke bumi terpisah jauh dari isterinya Hawa. Menurut suatu riwayat, Nabi Adam as diturunkan di India, dalam riwayat lain disebutkan di Sri Lanka. Ada juga pendapat bahwa Nabi Adam as diturunkan di gunung tertinggi di dunia, yaitu di Gunung Everest di Himalaya. Mengenai hal ini, karena dahulu kala memang belum ada negara India, Sri Lanka maupun Himalaya, kita sebut saja daerah pengunungan tertinggi di Asia (bukankah India, Sri Lanka dan Himalaya masih termasuk wilayah Asia dan letaknya tidak begitu berjauhan? bisa jadi ketiga tempat ini pada jaman dulu memang masih berada dalam satu wilayah/kesatuan). Sementara Hawa diturunkan di Jeddah, bagian dari kota Makkah (sekarang Arab Saudi). Tapi ada juga yang menyebutkan Hawa diturunkan di tempat yang sekarang bernama Irak. Bisa jadi juga kedua tempat ini, pada jaman dahulu masih merupakan satu kesatuan wilayah.

Setelah saling mencari, dengan petunjuk Allah Swt. dan bimbingan Malaikat Jibril, Nabi Adam as dan Hawa akhirnya bertemu di Jabal Rahmah, di padang Arafah. Bayangkan, bagaimana haru biru dan dahsyatnya pertemuan dua insan manusia pertama yang terjadi di tempat ini. Kesepian dan kerinduan yang terpendam akhirnya terobati. Maka Jabal Rahmah di Arafah jadi tempat bersejarah. Tempat ini merupakan tempat yang istimewa bagi ummat Islam di seluruh dunia yang menunaikan haji karena di tempat inilah dilaksanakan salah satu rukun haji yakni wukuf, tidak ada haji bagi jamaah haji yang tidak melakukan wukuf. Inilah tempat untuk mengenang pertemuan Nabi Adam as dengan Hawa.

.

jabalrahma

Jabal Rahmah di Padang Arafah. Inilah tempat pertemuan Nabi Adam dan Hawa. Ya, di tugu (monumen) itu…

.

Setelah bertemu dengan isterinya Hawa di Jabal Rahmah ini, Nabi Adam as mengajak isterinya ke tempat semula ia diturunkan di bumi dan membina keluarga di tempat ini. Salah satu bukti yang mendukung pendapat ini adalah ditemukannya jejak kaki raksasa di Sri Lanka yang diduga merupakan jejak kaki Nabi Adam as. Menurut riwayat, Nabi Adam as bertubuh setinggi 60 hasta (sekitar 27 meter).

Sosok Nabi Adam as sangat beradab dan memiliki ilmu yang tinggi (QS al-Isra ayat 70 / QS at -Tin ayat 4). Keluarga Nabi Adam dan Hawa melahirkan 20 pasang kembar putra-putri. Anak Nabi Adam as yang sering disebut di antaranya Qabil dan Iqlima, Habil dan Labuda. Saat keempat anaknya ini telah dewasa, Nabi Adam as mendapat petunjuk dari Allah Swt untuk menikahkan anak-anaknya ini secara bersilangan, yaitu Qabil dengan Labuda dan Habil dengan Iqlima. Namun Qabil menolak karena Iqlima lebih rupawan dibanding Labuda.

.

habil-kabil3

Dua putra Nabi Adam. Qabil seorang petani gandum, dan Habil seorang penggembala kambing domba…

.

Atas petunjuk Allah Swt., Nabi Adam as menyuruh kedua putranya untuk berkurban dan barang siapa yang qurbannya diterima, maka dialah yang berhak memilih jodohnya. Habil kemudian mempersembahkan kambing kesayangannya, sedangkan Qabil menyerahkan sekarung gandum yang paling jelek yang dimilikinya. Maka Allah Swt. menerima qurban Habil. Namun Qabil ‘berontak’ dan malah membunuh saudaranya Habil. Inilah peristiwa pembunuhan pertama yang terjadi di bumi. Bagaimana Qabil membunuh Habil? Dan apa yang terjadi pada Qabil setelah membunuh Habil? Baca sejarahnya pada artikel ini: Peristiwa Pembunuhan Pertama di Bumi (Kisah Qabil dan Habil).

Nabi Adam as diperkirakan hidup selama 930 tahun setelah penciptaan (sekitar 3760 – 2830 SM). Menurut hadits, di saat-saat akhir hidupnya Nabi Adam merindukan untuk memakan buah Surga. Ketika anak-anaknya hendak mencari buah Surga, mereka bertemu sejumlah malaikat yang membawa kain kafan, sekop dan cangkul. Para malaikat bertanya, “Wahai anak-anak Adam, apa yang kalian cari? Atau apa yang kalian mau? Dan ke mana kalian pergi?” Mereka menjawab, “Bapak kami sakit, dia ingin makan buah dari surga.” Para malaikat menjawab, “Pulanglah, karena ketetapan untuk bapak kalian telah tiba.” Lalu para malaikat datang. Hawa melihat dan mengenali mereka, dan Nabi Adam berkata kepada Hawa, ’Menjauhlah dariku. Aku pernah melakukan kesalahan karenamu. Biarkan aku dengan malaikat Tuhanku Tabaraka wa Taala… (hadis ini diriwayatkan oleh Abdullah bin Imam Ahmad, selengkapnya bisa dibaca di sini). [a]

Artikel terkait dan patut dibaca: Nabi Adam as = Manusia Pertama? Ingin tahu benang merah penciptaan manusia dan alam? Klik: Manusia & Alam.  

Referensi: (1) Quran (Surah al-Baqarah, al-A’raf, Thaha, al-Isra, at-Tin; (2) Sejarah Nabi Adam as; (3) Tempat Nabi Adam as Diturunkan; (4) Tempat Nabi Adam as Bertemu Hawa.

Advertisements

82 thoughts on “Keluarga Pertama di Bumi… (Kisah Adam & Hawa)

  1. Pingback: Peristiwa Pembunuhan Pertama… (Kisah Qabil dan Habil) | Rumah Sejuta Ide

  2. Pingback: Nabi Adam AS = Manusia Pertama? | Rumah Sejuta Ide

    • Wakakkakakakkkk…..cucunya manusia purba coment..kgak terima eyang buyutnya dilupakan….xixixxixxi

    • 6 HARI PENCIPTAAN – KEJADIAN 1
      6 Hari penciptaan :
      Hari 1 : langit dan bumi diciptakan dan “Jadilah terang”.
      Hari 2 : Allah menciptakan cakrawala
      Hari 3 : daratan dipisahkan dengan lautan; tumbuh2an diciptakan
      Hari 4 : Matahari, bulan dan bintang diciptakan
      Hari 5: Binatang di lautan dan burung di udara
      Hari 6 : Binatang dibumi, ternak dan binatang melata, Manusia pertama diciptakan (Adam dan Hawa)
      baca lu baik kalau kau punya agama,

  3. saya menyukai cerita di atas karena sya peminat baca buku novel komik dan kisah2 para nabi.thnks buat ceritanya yg detail dan singkat itu.

  4. Sebelum nabi. Adam ke bumi. Bumi sudah di Tinggali makhluk hidup berupa Tanaman dan bnaTang.. dan konon juga ad makhluk hidup Yg menyerupai manusia dan buka KeTurunan nabi Adam.

  5. hah itu tuh yang so tahu tapi nggak berpikir, manusia purba, dinosaurus itu cuma rekayasa org2 yg ga bertanggung jawab untuk mempropaganda manusia, jangan percaya kaya teori darwin yang menyesatkan, jelas2 udah ada di al quran, nabi adam penghuni pertama bumi, jangan terpengaruh sama hoax dong

    • bagaimana mereka bisa merekayasa, mereka bukan asal ngmong tetapi juga meneliti.. kalo dinosaurus memang ada.. karna manusia jaman dulu besar besar dan tinggi tinggi.. karna seiring jaman manusia sekarang kecil.. dan manusia semakin pnuh didunia, dinosaurus punah.. coba kalo gak punah, bagaikan semut diinjak gajah pasti kita.. makanya masih ada museum tulang dinosaurus.
      Trus bagaimana bisa nabi adam islam, sedangkan islam saja agama terakhir yg muncul di dunia ini? agama pertama kan katholik. sekarang tahun 2015 aja kan tahun katholik kan? kalo emg dia manusia pertama harusnya beragama katholik. karna islam baru memasuki seribu berapa ratus hijriah.
      harusnya dicerna.

      • Semua nabi adalah muslim sesuai dengan wahyu allah kepadanya.. tetapi nabi muhammad adalah penerus dan menyempurnakannya juga sesuai wahyu dari allah swt…

  6. AWAL MULA
    Langit dan bumi diciptakan.—Kejadian 1:1.

    Bumi belum berbentuk dan gelap
    KEGELAPAN

    Bumi belum berbentuk, tandus, dan gelap.—Kejadian 1:2.

    Hari 1: terang; siang dan malam
    HARI PERTAMA

    Sedikit cahaya mulai menembus atmosfer bumi. Sumber cahaya belum bisa terlihat dari permukaan bumi. Namun, perbedaan antara siang dan malam mulai kelihatan.—Kejadian 1:3-5.

    Hari 2: angkasa
    HARI KEDUA

    Bumi tertutup air dan uap yang padat. Dua elemen ini dipisahkan sehingga ada ruang antara air di permukaan bumi dan lapisan uap di atasnya. Alkitab menggambarkan ruang itu sebagai ”angkasa di tengah-tengah air”, dan menyebutnya ”Langit”.—Kejadian 1:6-8.

    Hari 3: tanah kering dan tumbuhan
    HARI KETIGA

    Air di permukaan bumi surut dan tanah kering muncul. Atmosfer menjadi lebih jernih sehingga sinar matahari bisa mencapai permukaan tanah. Beberapa tumbuhan muncul, dan spesies-spesies baru mulai bertunas selama hari ketiga dan setelahnya.—Kejadian 1:9-13.

    Hari 4: matahari dan bulan
    HARI KEEMPAT

    Matahari dan bulan sekarang bisa terlihat dari permukaan bumi.—Kejadian 1:14-19.

    Hari 5: ikan dan burung
    HARI KELIMA

    Allah menciptakan banyak makhluk laut dan makhluk yang terbang di udara dengan kemampuan untuk berkembang biak sesuai jenisnya.—Kejadian 1: 20-23.

    Hari 6: binatang darat dan manusia
    HARI KEENAM

    Binatang darat diciptakan, besar maupun kecil. Puncak dari hari keenam adalah diciptakannya mahakarya Allah: pasangan manusia pertama.

      • benar sekali, ikutin jalan yg pasti dan nyata.. bukan mengikuti yg tidak nyata dan tidak terlihat..

    • Wah ada nabi baru nih….tidak begitu bunyi kitab kejadian….banyak revisi itu untuk menghilangkan kesalahan kitab kejadian/.

      • kisah Adam keluar dari surga sangat membingungkan dlm al quran, katanya Allah yg mengeluarkan Adam tapi dalam surat al baqarah ayat 36 : “Lalu keduanya (Adam & Hawa) digelincirkan oleh Syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula..” kemudian surat al araf ayat 27 : “Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh Syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari Surga…”

        kesimpulannya: di surga nya islam itu ternyata Syaitan bisa mampir dan masuk ke surga lalu menipu Adam & Hawa dan bisa mengeluarkannya dari Surga. hebat ya si Syaitan!! jangan-jangan Syitan itu juga tinggal di Surga padahal agama Kristen atau lainnya selalu menyatakan bahwa Surga itu “Rumah dan Kediaman” Tuhan.

        kalau Syaitan bisa menipu di Surga dan bisa mengeluarkan manusia dari Surga, maka pertanyaan bagi orang yang waras dan sadar di mana Tuhan sebagai Sang Maha Kuasa? kok di rumah Tuhan Sendiri di Surga bisa terjadi tipu-menipu yang dilakukan oleh Syaitan??? kan seharusnya di Surga itu semuanya sudah pasti sangat terkontrol oleh Tuhan dan sudah pasti semuanya itu Baik dan Benar adanya??? dan kok bukannya Tuhan atau Malaikat yang mengeluarkan manusia dari Surga??? kok justru Syaitan yang bisa mengeluarkan manusia Adam & Hawa dari Surga??? berarti Surga juga tempat bersemayamnya Syaitan dong?

        kalau surga model begituan disuruh masuk secara gratis pun orang yang waras dan sadar enggak akan mau masuk, jadi ya rugi dong kalau ikut dan masuk islam karena kelak di surganya islam Syaitan sudah dinyatakan dalam al quran bisa menipu manusia dan bisa mengeluarkan manusia.

      • kalo blm tau sejarah nya jangn asal bicara tentang islam, itu kan tentang adam dan hawa islam itu damai di sebarkan oleh nabi muhammad saw. intinya gini mas mas kita itu mahluk allah dan hanya menyembah kepadaanya tidak ada tuhan selain allah….kalo kita menyembah patung itu dah musrik dosa yang tidak akan di ampuni….

  7. Intinya semua agama pada dasarnya baik.. jangan saling mencela aja.. biarlah orang berdoa sesuai dengan caranya masih masing.. kita bayangkan aja kalo gak ada orang kristen didunia ini? siapa penemu listrik? tata surya? teknologi? pesawat? elektronik? dan lainnya??? apa iya tanpa itu kita akan hidup hanya dengan sebatang lilin dan hingga perubahan jaman tidak ada komunikasi sama sekali. tidak mungkin kan?
    GBU

    • Katanya jgn saling mencela tapi ko omongannya tinggi bgt sih keliatan bgt mau ngejatohin islam 🙂 islam juga punya banyak penemu2 hebat loh kamu aja yg ga tau 🙂 temen2 aku yg kristen juga banyak yg jadi mualaf, intinya jgn ngerendahin sesuatu krna kamu ga tau seberapa tinggi sesuatu yg kamu rendahin itu 🙂

      • memang lah missionaris kristen itu umat paling dengki di muka bumi. disemua artikel islam dia masuk, padahal ini rumah orang. bisa ga kelen membuat kedamaian ? kami islam diajarkan utk tidak pernah memaksa seseorng masuk islam. tapi di ajaran kalian, diharuskan utk menggiring domba tersesat masuk kristen. sadar ga kalo itu perintah yang salah. pakai hati nurani deh. emank ada orang yg mau dipaksa paksa ? kau kalau kupaksa masuk islam mau ga ? ajaran agama yang baik yg sesuai hati nurani dan akal dan moral.

      • to mazaseven:sebelum kamu ngomong seharusnya kamu berkaca,apakah tidak ada juga agama islam yang main masuk2,langsung mengejek dgn kata yang lebih kasar…
        di AGAMA KRISTEN diajarkan untuk MENGGIRING DOMBA YANG SESAT BUKAN MEMAKSA.
        MENGGIRING TIDAK SAMA DENGAN MEMAKSA
        dari kata2mu juga kamu itu sudah mengejek

        be carefull
        THANKS

  8. KALIAN PILIH MANA….? disebut keturunan adam dan hawa. atau disebut keturunan manusia purba ,,,

  9. untuk lucia christina. = ASAL KAMU TAHU YA ILMU DUNIA ITU ASALNYA DARI QUR’AN.
    KLO KAMU CINTA DAMAI JANGAN MERENDAHKAN DAN MENINGGIKAN SUATU AGAMA. DAN ITU AKAN MENIMBULKAN PERTIKAIAN SEPERTI QABIL DAN HABIL.

  10. 6 HARI PENCIPTAAN – KEJADIAN 1
    6 Hari penciptaan :
    Hari 1 : langit dan bumi diciptakan dan “Jadilah terang”.
    Hari 2 : Allah menciptakan cakrawala
    Hari 3 : daratan dipisahkan dengan lautan; tumbuh2an diciptakan
    Hari 4 : Matahari, bulan dan bintang diciptakan
    Hari 5: Binatang di lautan dan burung di udara
    Hari 6 : Binatang dibumi, ternak dan binatang melata, Manusia pertama diciptakan (Adam dan Hawa)
    baca lu baik kalau kau punya agama,

  11. Ya ampun..bangga bnget kamu lucia..allah kami tu memberi surga di dunia buat kalian yg tidak beraga islam..tp di saat kamu meninggal api jahanam yg akan menemani kamu suatu saat nnti

    • kisah Adam keluar dari surga sangat membingungkan dlm al quran, katanya Allah yg mengeluarkan Adam tapi dalam surat al baqarah ayat 36 : “Lalu keduanya (Adam & Hawa) digelincirkan oleh Syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula..” kemudian surat al araf ayat 27 : “Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh Syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari Surga…”

      kesimpulannya: di surga nya islam itu ternyata Syaitan bisa mampir dan masuk ke surga lalu menipu Adam & Hawa dan bisa mengeluarkannya dari Surga. hebat ya si Syaitan!! jangan-jangan Syitan itu juga tinggal di Surga padahal agama Kristen atau lainnya selalu menyatakan bahwa Surga itu “Rumah dan Kediaman” Tuhan.

      kalau Syaitan bisa menipu di Surga dan bisa mengeluarkan manusia dari Surga, maka pertanyaan bagi orang yang waras dan sadar di mana Tuhan sebagai Sang Maha Kuasa? kok di rumah Tuhan di Surga bisa terjadi tipu-menipu yang dilakukan oleh Syaitan???

      kalau surga model begituan disuruh masuk secara gratis pun orang yang waras dan sadar enggak akan mau masuk, jadi ya rugi dong kalau ikut dan masuk islam karena kelak di surganya islam Syaitan sudah dinyatakan dalam al quran bisa menipu manusia dan bisa mengeluarkan manusia.

  12. Sudah jgn saling mencela agama satu sama lain
    Klo yang agama islam hargai agama lain dan agama non islam hormati agama islam kita harus menghargai satu sama lain

  13. Terima kasih atas perkongsian bermakna. Namun, kalau boleh, saya sarankan saudara/saudari jangan menggunakan gambar kartun yg serupa manusia itu lain kali. Sebab ALLAH melaknat mereka yg menggambarkan rupa manusia apatah lg andai gmbar2 itu dikatanya sebagai nabi nabi dan balasannya azab Neraka.
    Andai saudara/saudari baru mengetahui tentang ini, ia hanyalah berdosa. Wallahu’alam. Utk lebih tahu lagi, saudara/saudara bleh cari ttg hukum melukis gambar manusia di laman2 blog atau laman2 lain yg mna saudara/saudari boleh cari. Sekian.

  14. Para pengomen sekalian yg dihormati,. Jangan cela mencela sesama kita. Nabi SAW tak ajar pun umatnya mencela sesama saudara. Mana sikap saling hormat menghormati kita sebagai org Islam? Kalaupun dia, agamanya Kristian, janganlah berkata sebegitu. Kalau kita nak dakwahkan seseorang, begitukah caranya? Memanglah nak tegakkan kebenaran ituh yg skp yg mulia malah ALLAH pun suka.. tapi dgn cara berkasar sperti ini hanya akan bawa permusuhan bukan perpaduan atau kata sepakat.
    hormati agama, kawal nafsu ketika berbicara. Itu bukan dari hati dan akal
    tapi bicara sbgitu datangnya dari nafsu. Kalau berlarutan lebih baik diam dan istighfar.. Ingatlah, ilmu bukan untuk diperdebatkan tapi untuk dikongsikan. Kalau mahu buat perbincangan mestilah berfikiran positif, buka minda, berprasangka baik.. kalau berprasangka buruk itu namanya dosa. Bukankah ALLAH telah berfirman spti itu dalm Al-Quran? Al-Quran itu benar.. tiada yang lebih benar mengenai kejadian alam yg berlaku mlainkan smuanya didapti dlm al-Quran. Tolong jangan cela al-Quran saudari/saudara. Ia adalah suci,smua kejadian yg berlaku dlm al-Quran itu benar. ALLAH beri akal kpd kita untuk berfikir kejadian alam. Semua kjadian yg tlah bribu tahun brlaku itu, ALLAH suruh kita berfikir, mencari dan meneliti. Dari situ ALLAH mguji tahap pemikiran kita mngenai ciptaan-Nya. Andaipun kejadian manusia purba, dinasour semua itu tlh berlaku, hanya ALLAH yang mengetahuinya. Kita cari kita dapat kita kaji kita minta petunjuk, tak mustahil ALLAH mnolong mereka yg pakar dlm bidang ini lalu mengkhbarkn kpd sluruh mnusia mgenai penemuan2 ini. Maka, berfikirlah secara rssional dan positif. Asal kejadian Adam A.s. dan Hawa, kalau nak lebih mngetahuinya, mintalah pd yg lbih arif ttg itu. Bukan diperdebat secara membuta tuli. Ingatlah, ALLAH mengetahui apa dizahir dan dibatin. Andai kita tidak berilmu dgn guru yg lbih arif ttg kisah2 dlm al-Quran ataupun smua kjadian yg dcertakan dlm al-Quran, jgn diperdebatkan scra mmbuta tuli. Pasti ALLAH akan murka.. amat berdosa kita sbg mnusia yg jahil ttg sesuatu ilmu lalu nendebatkannya tanpa berguru trlbih dhlu.. bukankah ia seolah olah memperlekehkan agama sendiri? ALLAH beri kita petunjuk, gunalah ia sebaik mungkin.. muga ALLAH ampuni dosa kita. Wallu’alam.

  15. hei kalian semua…sudahlah..
    semua agama itu sama mengajarkan kebaikan,yang baik masuk surga dan yang jahat masuk neraka..
    emang kalian udh pernah ngerasain dan udh tau zaman dahulu..
    kalian memiliki islam karena kalian memiliki iman dan begitu pula yang memilih kristen karena kalian memiliki kepercayaan akan kristus…
    Dalam semua agama pasti tidak mengajarkan KEJAHATAN,saling toleransi,tidak mengejek agama satu dan yang lain karena kita tidak akan pernah tau AGAMA MANA YANG PALING BENAR,kalau kita tahu agama mana yang benar berarti dia sudah DIE…
    INGATLAH UNTUK TIDAK MENGEJEK AGAMA LAIN

    THANKS

  16. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

    Jangan terlalu pusing dg prdbatan yg tk brpnghujung…
    Mnurut hasil analisis ksimpulannya bgini:
    – Nabi Adam adlh mnusia prtama yg d Ciptkn n d trunkn k bumi stlah pncptaan alam smesta n isi nya..
    – Mnusia purba yg Qt k tahui,sm tak ubah ny sprti skrang yg sdh brevolusi jdi kera,inti nya Mnusia purba n mkhluk Purba lainnya yg Qt tw saat ini adlh makhluk Hewan bagi Nbi Adam AS pd masanya…

    – Soal Agama mana yg sbnarnya ada trlbih dahulu adlh Islam,bhkn Alah SWT tlah mrncanakn sblum Adam AS d ciptkn mllui Adam AS jalan ajrn Islam prtama,
    Krn sblum Adam AS trcipt kalimat 2 Kalimah Syahadat sdh ada..(Dlm hal ini Allah SWT tlah mrcanakan (Hanya Allah SWT yg mha Tw) suatu saat nnti Muhammad yg Qt kthui Nbi akhir Zman (Muhammad SAW) adalah jalan kesempurnaan Islam smpai saat ini)

    Agma yg lain ny sbnar ny tjuan ajaran nya sm dg Islam,hnya sj pngaruh dri peradaban manusia,shingga mmiliki pmahaman yg brbeda-beda..
    Contoh kecil ; zman nbi Isa AS
    Nbi Isa mngajarkn umat ny,klau brtmu sllu mngcapkn “Asalammualaikum..”
    Lw pnsaran film ny kn ada?.. (Wafat n kenaikan Isa almasih)
    Tonton aj t wlau Qt beda agama

    Dmikian Pmikiran Saya,tentang agama Islam didunia ini mmang agama terakhir, tapi Islam n ajaran nya pertama kali Allah SWT mncptkn lngit n bumi bsrta isiny,bhkan sblum Nabi Adam AS d ciptkan, lebih n kurang ny mhon maaf ..

  17. بِسْـــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

    Jangan terlalu pusing dg prdbatan yg tk brpnghujung…
    Mnurut hasil analisis ksimpulannya bgini:
    – Nabi Adam adlh mnusia prtama yg d Ciptkn n d trunkn k bumi stlah pncptaan alam smesta n isi nya..
    – Mnusia purba yg Qt k tahui,sm tak ubah ny sprti skrang yg sdh brevolusi jdi kera,inti nya Mnusia purba n mkhluk Purba lainnya yg Qt tw saat ini adlh makhluk Hewan bagi Nbi Adam AS pd masanya…

    – Soal Agama mana yg sbnarnya ada trlbih dahulu adlh Islam,bhkn Alah SWT tlah mrncanakn sblum Adam AS d ciptkn mllui Adam AS jalan ajrn Islam prtama,
    Krn sblum Adam AS trcipt kalimat 2 Kalimah Syahadat sdh ada..(Dlm hal ini Allah SWT tlah mrcanakan (Hanya Allah SWT yg mha Tw) suatu saat nnti Muhammad yg Qt kthui Nbi akhir Zman (Muhammad SAW) adalah jalan kesempurnaan Islam smpai saat ini)

    Agma yg lain ny sbnar ny tjuan ajaran nya sm dg Islam,hnya sj pngaruh dri peradaban manusia,shingga mmiliki pmahaman yg brbeda-beda..
    Contoh kecil ; zman nbi Isa AS
    Nbi Isa mngajarkn umat ny,klau brtmu sllu mngcapkn “Asalammualaikum..”
    Lw pnsaran film ny kn ada?.. (Wafat n kenaikan Isa almasih)
    Tonton aj t wlau Qt beda agama

    Dmikian Pmikiran Saya,tentang agama Islam didunia ini mmang agama terakhir, tapi Islam n ajaran nya pertama kali Allah SWT mncptkn lngit n bumi bsrta isiny,bhkan sblum Nabi Adam AS d ciptkan, lebih n kurang ny mhon maaf …

  18. Mesti n bagus nya g usah digambarkan
    Manusia bnyak batasan
    Tapi allah brkhndak g ad yg g mungkin
    Manusia2 jaman skrng merasa pintar dan sok pintar, tapi g mau tau dirinya sendiri sbnar nya, dan bnyk manusia g mau bnyk tau akan alam smsta jg yg mncptaknnya
    Pdhl al_qur’an allh tlh mudahkan tuk memahaminya melalui orang2 pintar ber ilmu dan muslim
    Mari kita bc, hayati, insyallh bnyk ilmu brkh jg mngfa’atnya

  19. manusia berakal akan belajar dr berbagai sumber bukan aku dan mengakui ilmuwan menggali menemukan gak seperti mulut yg asal njeplak begitu komentar tanpa dibekali ilmu maka yang ada hanya anda seolah pamer kebodohan dan kebodohan bukan prinsip orang islam
    orang islam bicara berdasar fakta karena al quran bukan karangan jadi kalau ngaku islam pasti beradab dan pandai

  20. yg saya tau semua agama itu baik apa perlu menyalahkan agama lain? jalani saja kehidupan anda beserta agama anda dengan baik.

  21. Lihatlh makhluk2 ALLAH SWT slain manusia kni mreka tlh trtawa mlihat kalian smua..
    Katanya manusia itu makhluk yg sempurna & mmpnyai akal juga cara brpikir lbh tinggi dri pda hewan..
    Rupanya apa trnyata salah..
    Krna bodohnya udh hmpir sma2 kyk hewan yg tak bisa brpikir & membedakan mna yg kebenaran yg sbnrnya..
    Nampak kalian tak prnh baca AL QURAN..
    kalo mau tau smuanya yg sbnrnya smua udh trtulis dAL QURAN..
    Krna smuah prtnyaan kalian itu ada dsitu smua..
    Jdi ngapailh kalian brdebat kyk ank2 ja..
    Apa yg kalian ucapan smua blm tntu bnr nth juga bisa nambah dosa kalian..
    Nauzubillahi minzalik..

  22. Buat apalah hal ne djdikn prmasalahan..
    Krna kita hidup ddunia ne untk saling mngargai dlm hal apapn itu..
    Paling utama dlm agama..
    Kalian itu sma kyk aku sma2 msh bodoh dlm soal agama..
    Lbh baik kita mngakuinya sja dri pda orang bodoh sok2 pintar..
    lihatlh ALLAH SWT mlihat smua prbuatan kalian ne..
    Jngn pancing2 ALLAH SWT marah..
    Kalo skali IYA marah kalo ga hri ne bsk psti mati kalian dbuatNYA.
    mkanya sblm bicara & mnyampaikn sesuatu ddpn umum pikir2 dlu..
    Krna kalian bkn ank2 ge hrs dtuntun2 ge & bkn hewan tunggu dcambuk keras bru mnyadari ksalahanya sndri..
    Ok..
    Camkn tu wahai saudara saudariku skalian..

  23. إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ”Inna Deeina Indallahi

  24. Ribet amat kalian..makan masih pada susah aja debat gak jelas..woles bray,,klo dgn debat kalian kenyang dan bahagia lanjutkan bray haha#saya meyakini Tuhan di hati dan syetan berada di stiap makhkluk yg berakal.

    • Injil. zabur .taurat dan alqulr.an.
      alqulr.an adalah penyempurna kitab selumnya
      yg di bawakan nabi muhamat saw.. tidak lah sah seorang muslim klo tdk mengakui 4 kitab.
      injil tawrat zabur. Sudah di ankat allah.. sekerang sudah tdk ada yg asli. Haya orang kafir yg mebuat kitab palsu… ingat alquran lah sebagai penutup dan penyempurna. Agama lain.

  25. Cerita ini, merupakan dongeng yang tidak memiliki dasar. Tidak sinkron dengan sumber aslinya dari mana disadur. Setelah menyadur kemudian membayang-bayangkan menurut pikiran sendiri. Tidak berhikmat, sumbernya tidak jelas, apakah imi merupakan cerita turun temurun dari leluhurnya atau mengutip sumber asli kitab orang Ibrani dan merubah konteksnya sehingga intinya berubah, tidak jelas yang mana tujuan dan sasaran penulisannya.

    • Al Quran bukanlah dongeng, di turunkan kepada manusia yg terkenal 100% jujur, semua peneliti yg ilmiah dari berbagai agama tidak pernah mendapkan Nabi Muhammad pernah berdusta, dan kami yakin, tidak ada satu titik atau koma yg bisa di rubah hingga hari kiamat, karena Allah lah sang penjaga

      • Sesungguhnya Allah tidak pernah membuat lebih dari satu agama bagi manusia, tetapi Allah menciptakan banyak nabi dan kitab bagi manusia, marilah kita kaji statement ini dgn kecerdasan dan intelektual kita, kita cari kebenaran dgn ilmu dan fikiran yg bersih, semoga kita mendapatkan pencerahan pengetahuan yg komprehensif.. amiin

      • Sebelum bumi dan nabi adam di ciptakan, Allah telah menciptakan malaikat dan jin, dan saat itu tidak ada kehidupan bagi makhluk kecuali di surga, setelah nabi adam dan hawa di keluarkan dari surga karena terbujuk tipu daya syaitan, maka syaitan dan jin pun di keluarkan dari surga dgn izin untuk menggoda keturunan nabi adam sampai hari kiamat untuk menjadi teman di neraka, Semoga kita dapat bertobat atas jutaan dosa kita, meneladani taubatan nasuha nabi adam… amiin

  26. haaaaahaaaaahahahahaha!
    syetan ngaaak bisa ganggu anak cucu Nabi Adam,nggak biiiiisa syetan pakak!!!!!!

  27. Tingkah yang gak pernah berubah-rubah…..
    Orang dari Agama satu menanggapi orang dari agama lain dengan kalimat kurang sopan. Kenapa tidak ditanggapi dengan kalimat halus dan disertai hasil dari sumber lain bukan konspirasi yang kebanyakan orang simpulkan.

  28. Untuk COMMENT di atas
    Kalau kamu ingin mengejek ejek agama,Ejeklah.Di akhirat Nanti kamu akan sadar apa yang kamu perbuat di muka bumi yang indah ini…Allah mengajarkan kita untuk saling Damai..jadi artikel ini cuma untuk mengingat kebesaran Allah SWT..
    Salam damai
    Islam
    Wassalamualaikum Wr Wb

  29. SORI IKUT NIMBRUNG YA
    Klo sya dri muslim
    ADA 1 pertanyaan buat kalian yg memang mengaku beragama.
    Menurut kalian Tuhan kalian ad berapa.?

    Klo menurut kalian tuhan kepercayaan smua umat beragama 1 berarti sma dhonk sma q.. . Seluruh agama cman 1 tuhannya cman hanya perbedaan kita untuk bagai mna menyembahnya dengan kepercayaan kita masing2.
    Buat pa kita ribut2 maslah agama ap.
    Trimakasih

  30. Saya anak berumur 13 tahun, saya beragama islam, saya bukan mau ikut urusan org tua, tpi jika ada yg panggil saya anak ingusan atau anak kemaren sore saya mohon jangan panggil saya itu,saya sudah melihat komentar diatas adayg beragama islam maupun non islam, kepadas agama non islam saya beritahu yaa klo islam bukan agama yg sembarangan, sungguh Allah menjanjikan kpd org yg beriman agar beriman kpd Allah swt, jangan lan mencela agama islam karena agama islam adalah agama baik, terpuji, untuk cerita nabi adam dan siti hawa itu sudah jelaskan di al quran tetapi tidak semuanya diungkapkan karena al quran bukan buku dongeng,,,, dan saya minta untuk beragama non islam jangan MENCELA KARNA ITU GA BAIK. Saya beragama islam saya yakin bahwa Allah SWT sangat baik dan akan menghukum org yg tdk beriman kepadanya.

  31. Assalamualaikum wr.wb,

    Sebenarnya begini iya semuanya ,

    kita musti mengetahui dahulu arti kata iblis dan syeitan.

    Iblis adalah nama jin sedangkan syeitan adalah kata sifat dari jin dan manusia yg zholim.

    Iblis telah terusir dari surga dan tidak dapat lagi masuk kedalamnya karena Allah telah jelas berfirman mengenai kedudukan surga,

    13. قَالَ فَاهْبِطْ مِنْهَا فَمَا يَكُونُ لَكَ أَنْ تَتَكَبَّرَ فِيهَا فَاخْرُجْ إِنَّكَ مِنَ الصَّاغِرِينَ
    Allah berfirman: “Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka ke luarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina”.(al araf ayat 13)

    dia iblis telah menyombongkan diri (zholim).

    Allah menyuruh adam dan hawa bertempat tinggal disurga.

    19. وَيَا آدَمُ اسْكُنْ أَنْتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ فَكُلا مِنْ حَيْثُ شِئْتُمَا وَلا تَقْرَبَا هَذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُونَا مِنَ الظَّالِمِينَ
    (Dan Allah berfirman): “Hai Adam bertempat tinggallah kamu dan istrimu di surga serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang lalim”.(al araf ayat 19)

    ingatlah bahwa ayat ini tidak menerangkan bahwa adam dan hawa akan kekal tinggal di surga, tetapi hanya untuk sementara waktu.

    Allah telah membolehkan adam dan hawa memakan buah-buahan dimana saja yg mereka sukai kecuali mendekati satu pohon saja.

    Tetapi apa yg terjadi?

    20. فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطَانُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا وُورِيَ عَنْهُمَا مِنْ سَوْآتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهَاكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ هَذِهِ الشَّجَرَةِ إِلا أَنْ تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ الْخَالِدِينَ
    Maka setan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan setan berkata: “Tuhan kamu tidak melarangmu dari mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang yang kekal (dalam surga)”.

    Adam dan hawa telah terlena tinggal disurga dan ingin sekali tinggal selama-lamanya disana sehingga dengan sombong mengikuti hawa nafsu mereka terus melanggar perintah Tuhannya dengan mendekati pohon terlarang dan memakan buahnya.
    Adam dan hawa berfikir dalam hati mereka apabila memakan buah ini ,mereka akan kekal di syurga.

    kita lihat permohonan maaf adam dan hawa kepada Allah dibawah ini bahwa mereka mengakui kesalahan mereka tanpa ada hubungannya dengan godaan iblis.

    23. قَالا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
    Keduanya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi”.

    Sebenarnya iblis tidak pernah menggoda adam dan hawa di surga.
    Bukankah kita manusia adalah makhluk yg tamak,tidak pernah puas, sombong dan selalu mengikuti hawa nafsu? kendalikanlah hawa nafsu yg buruk itu.

    jadi jagalah hati dan pikiran (hawa nafsu) kita agar tetap ingat Allah.

    wassalamualaikum wr.wb,

    ustad sayyid.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s