GambarDIABETES mellitus adalah salah satu penyakit yang harus diwaspadai sejak dini. Penyakit yang di Indonesia dikenal dengan istilah kencing manis ini adalah kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein (segala hal berkaitan dengan diabetes dapat dibaca di sini). Cara mencegah penyakit ini adalah dengan mengontrol kadar gula darah tetap stabil dengan memperbanyak konsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah.

Berdasarkan hasil penelitian, 9 makanan yang diuraikan di bawah ini diketahui memiliki efek menurunkan kadar gula dalam darah  (mencegah diabetes).

1. Pare
Sayuran pahit dari keluarga labu ini bermanfaat menurunkan tekanan darah dan efektif menurunkan kadar gula darah. Namun, mengonsumsi pare jangan berbarengan dengan obat penurun gula darah, karena gula darah bisa menurun drastis dan ini tidak baik bagi penyandang diabetes.

.

pare
Rasanya yang pahit menyebabkan buah sayuran ini tidak disukai banyak orang. Tapi buah ini sangat ampuh menurunkan kadar gula dalam darah…

.

2. Apel
Buah ini memiliki kandungan pektin yang tinggi. Pektin adalah zat yang dipercaya dapat membantu menurunkan kebutuhan tubuh akan insulin. Bagi yang masih sehat, mengkonsumsi sebuah apel sehari, dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 28 persen.

3. Kacang-kacangan (Kacang Merah)
Seratnya yang tinggi, selain baik untuk sistem pencernaan dan jantung, juga membantu kadar gula darah tetap stabil setelah makan.

4. Brokoli
Kromium yang dikandung brokoli merupakan mineral penting untuk membantu pengaturan insulin dan gula darah. Akan lebih baik jika brokoli dimakan mentah atau setengah matang.

.

broccoli
Brokoli mengandung kromium yang merupakan mineral penting untuk membantu pengaturan insulin dan gula darah…

.

5. Bawang Putih
Zat aktif APDS (allyl propyl disulphide) dan allicin pada bawang putih, bila dikombinasikan dengan flavonoid akan bekerja baik dalam menurunkan kadar glukosa. Sedangkan bila dikombinasi dengan vitamin B1 (tiamin), allicin akan merangsang pankreas untuk melepaskan insulin. Bawang putih bisa dikonsumsi satu siung sehari dengan cara direbus, atau dicampurkan dalam sayuran atau sop. Khusus untuk bawang putih ini tidak hanya bermanfaat untuk pengobatan diabetes, tapi juga sejumlah penyakit berbahaya lainnya, seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan kanker. Untuk lebih jelasnya, baca artikel ini: 10 khasiat dan manfaat bawang putih.

6. Kayu Manis
Zat aktif di dalam kayumanis, yaitu MHCP (methylhydroxy-chalcone polymer) diyakini memiliki efek menyerupai insulin, dan bekerja secara sinergi dengan insulin di dalam sel-sel. Namun masih diperlukan studi lebih lanjut untuk membuktikan efek kayumanis ini.

.

kayumanis
Zat aktif methylhydroxy-chalcone polymer yang terdapat dalam kayu manis diyakini memiliki efek menyerupai insulin…

.

7. Cabai
Menurut laporan hasil studi di Journal of Clinical Nutrition, para peneliti Australia menemukan bahwa konsumsi cabai dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan. Kandungan antioksidan, karotenoid, dan vitamin C cabai juga membantu memperbaiki pengaturan insulin.

8. Ikan
Asam lemak omega-3 dalam ikan tuna, kembung, atau salmon, akan memperbaiki resistensi insulin.

9. Gandum
Gandum utuh kaya akan berbagai vitamin dan mineral, serat, juga karbohidrat kompleks yang akan membantu menjaga gula darah tetap stabil, karena diserap tubuh secara perlahan.

.

gandum
Bagi mereka yang beresiko diabetes disarankan untuk mengganti nasi (beras) dengan gandum…

.

Itulah 9 jenis makanan yang bisa mencegah penyakit diabetes. Bagi penderita diabetes, disarankan memasukkan makanan ini dalam menu sehari-hari. [a]

Senang baca artikel kesehatan? Klik Kesehatan!

>>diolah dari berbagai sumber<<