GambarDAGING itu merupakan bagian lunak pada hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang. Tersusun sebagian besar dari jaringan otot, urat, tulang rawan dan sedikit ditempeli lemak. Daging adalah salah satu bahan makanan, sumber protein hewani. Daging bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan seperti steak, sate, kari, gulai, rawon, soto, coto, cincang, dendeng dll. Makanan yang berbahan dasar daging, rasanya selalu enak.

Walaupun daging itu lunak dan rasanya enak kalau diolah jadi makanan, daging bisa juga mendatangkan malapetaka. Hebatnya, yang jadi korbannya seorang Presiden! Ya, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terpaksa mundur dari jabatannya karena tersandung ‘daging’. Dialah Luthfi Hasan Ishaaq (LHI), yang kini harus mendekam di tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia disangka menerima suap dari perusahaan importir daging PT. Indoguna Utama sebagai imbalan menggunakan pengaruhnya sebagai Presiden PKS untuk mengupayakan penambahan quota impor daging untuk perusahaan pengimpor daging ini. 

Ihwal upaya penyuapan ini terungkap dalam transkrip percakapan telepon antara LHI dengan sahabatnya Ahmad Fathanah yang disadap oleh KPK. Dalam percakapan ini, LHI diminta untuk mengupayakan tambahan kuota impor daging untuk PT. Indoguna Utama sebesar 8.000 ton kepada Menteri Pertanian Suswono yang juga merupakan kader PKS. LHI bahkan menyanggupi untuk mengupayakan tambahan kuota sebesar 10.000 ton bagi PT. Indoguna Utama. Sebagai imbalannya, PT. Indoguna Utama, menurut Ahmad Fathanah, bersedia mengeluarkan fee sebesar Rp. 5.000/kg (sekitar Rp. 40 milyar jika terealisasi 8.000 ton atau Rp. 50 milyar jika terealisasi 10.000 ton).

.

LHI-3
LHI memang senang memakai stelan putih, tapi yang dipakainya kali ini bukan jas kebanggaannya di PKS, melainkan seragam tahanan KPK….

.

Saat kasus ini terungkap, masalah tata niaga daging memang sedang banyak dipertanyakan orang. Pemerintah mengatakan negara ini masih swasembada daging (mampu memenuhi kebutuhan daging untuk masyarakatnya). Kenyataan di lapangan berbicara lain, daging sukar ditemui dan menyebabkan harga komoditi ini naik drastis. Bisa jadi fakta yang terjadi di lapangan ini adalah suatu kebetulan belaka. Tapi bisa juga masalah ini by design (direncanakan) untuk memuluskan upaya penambahan kuota impor daging bagi PT. Indoguna Utama. Dan seandainya ini benar by design, maka ini alamat buruk bagi Menteri Pertanian Suswono dan PKS.

.

darin-mumtazah
Si Pustun, Darin Mumtazah, masih muda dan cantik. Wanita ini diduga adalah salah seorang isteri LHI dan merupakan saksi yang diperiksa KPK dalam kasus pencucuan uang oleh LHI…

.

LHI tentu memiliki motif.  Ada dua kemungkinan: untuk memperkaya diri atau sebagai sumber pendanaan PKS yang saat itu dipimpinnya. Yang jelas, sudah menjadi rahasia umum di negara ini, bahwa semua partai politik mengalami kesulitan finansial. Pada akhirnya, motif LHI akan terungkap di pengadilan nanti. Kasus suap quota impor daging yang melibatkan LHI ini mulai disidangkan Jumat (17/5) lalu.

LHI lahir di Malang (Jawa Timur), 5 Agustus 1961. Pria yang fasih berbahasa Arab ini merupakan salah satu pendiri Partai Keadilan tahun 1998 yang merupakan cikal bakal lahirnya PKS. LHI terpilih menjadi Presiden PKS ke-4 periode 2010-2015 dalam Sidang Majelis Syuro PKS II tanggal 16-20 Juni 2010 di Jakarta. Setelah diumumkan sebagai tersangka dalam kasus suap quota impor daging bersama Ahmad Fathanah oleh KPK, LHI mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Presiden PKS pada tanggal 31 Januari 2013 di depan pintu gerbang KPK.  [a]

Referensi: Transkrip Pembicaraan Luthfi dan Fathanah…. (Kompas.Com)