GambarDINOSAURUS muncul pertama kali sekitar 225 juta tahun yang lalu, pada zaman Trias. Mahluk ini hidup sampai zaman Jura dan berkembang menjadi raksasa pada zaman Kapur. Sekitar 65 juta tahun yang lalu, pada akhir zaman Kapur, dinosaurus akhirnya punah.

Istilah “dinosaurus” (bahasa Inggris: dinosaur) dikemukakan pertama kali pada tahun 1842 oleh ilmuwan Inggris Sir Richard Owen. Dinosaurus bersal dari bahasa Yunani yaitu δεινός (deinos) yang artinya mengerikan, kuat, hebat dan σαῦρος (sauros) yang artinya kadal. Sejak fosil dinosaurus pertama dikenali awal abad sembilan belas, rangka dinosaurus dirangkai menjadi pertunjukan yang populer di museum-museum di seluruh dunia. Sekak saat itu, dinosaurus menjadi budaya populer, menjadi topik terlaris baik di buku-buku maupun di film-film (salah satunya film berjudul Jurassic Park yang sempat menghebohkan dunia).

Kerangka dinosaurus Ornithopoda Hadrosaurus, adalah kerangka dinosaurus pertama yang ditemukan dan dipamerkan pada masyarakat pada tahun 1868. Saat itu, para turis dan ilmuwan berbondong-bondong melihat bukti bahwa dinosaurus memang pernah ada di bumi ini. Ada sekitar 108 spesies dinosaurus yang sudah ditemukan. Mari kita mengenang beberapa jenis dinosaurus yang pernah ada di muka bumi ini.

1. Brachiosaurus

Gambar

Merupakan dinosaurus terberat yang pernah ada. Beratnya sekitar 80 ton, setara dengan berat 17 gajah Afrika. Tinggi sekita 16 meter dengan panjang tubuh 26 meter. Dinosaurus ini adalah pemakan tubuhan. Lehernya yang sangat panjang dapat digunakan untuk menjangkau pohon setinggi gedung tiga lantai untuk mencari pucuknya. Bila ada dedaunan yang tidak dapat dicapai maka mereka akan mendorong pohon tersebut hingga miring untuk mendapatkannya.

.

2. Tyrannosaurus Rex (T-Rex)

Gambar

Dinosaurus karnivora, salah satu predator besar yang pernah ada. Dapat tumbuh sepanjang 12,5 meter dengan berat 4-7 ton. T-Rex memangsa dinosaurus herbivora, merupakan salah satu monster dengan gigitan terkuat yang pernah ada.

.

3. Compsognathus

Gambar

Ini adalah dinosaurus terkecil yg pernah ada, namun dapat bergerak lincah dan berlari kencang untuk meloloskan diri dari pemangsanya. Dinosaurus mungil ini juga memiliki tungkai (kaki belakang) yang kuat dan mata yang tajam dan mulutnya menyerupai burung.

.

4. Euoplocephalus

Gambar

Bentuknya seperti kadal. Tulang tebal menutupi kepala dan mata dinosaurus ini. Tonjolan tulang berbentuk duri berbaris di punggungnya.

.

5. Kentrosaurus

Gambar

Dinosaurus ini juga berbentuk seperti kadal, dan merupakan pemakan tumbuhan. Gerakannya lambat, namun punggungnya memiliki duri2 tajam yang dapat melukai pemangsanya.

.

6. Utah Raptor

Gambar

Merupakan dinosaurus karnivora dan pelari ulung. Tungkai-tungkainya dilengkapi cakar.Rahangnya dilengkapi geligi tajam yang memungkinkannya untuk mencabik mangsanya. Hewan ini berburu secara berkelompok.

.

7. Ornithocheirus

Gambar

Tubuhnya memiliki rongga, sehingga mahluk ini merupakan mahluk terbesar yang pernah terbang. Sayap mahluk ini sepanjang 46 kaki (18 meter). Monster ini memakan ikan. Fosil dinosaurus yang ditemukan pertama kali berasal dari jenis ini.

.

Itulah beberapa jenis dinosaurus yang pernah ada di bumi. Selama paruh pertama dari abad ke 20, banyak ilmuwan percaya dinosaurus sebagai hewan berdarah dingin yang bodoh dan lambat. Namun, sejak tahun 1970-an berbagai penelitian menunjukkan bahwa dinosaurus adalah binatang yang aktif dengan metabolisme yang tinggi dan adaptasi yang beragam untuk interaksi sosial.

Tidak semua dinosaurus adalah karnivora. Kelompok binatang ini juga tidak semuanya merupakan makhluk berukuran raksasa. Umumnya (70% dari seluruh dinosaurus) adalah herbivora, pemakan tumbuhan yang tenang, dengan ukuran minimal sebesar gajah saat ini.  [a]

)disarikan dari berbagai sumber, foto: google.com(