stressSETIAP orang pasti sering mengalami yang namanya stress dalam kehidupan sehari-hari. Baik karena pekerjaan yang terlalu berat, tugas kuliah/sekolah yang menumpuk, atau pun asmara/percintaan yang terus bermasalah. Apa sebetulnya stress itu? Secara sederhana, stress adalah reaksi fisiologis dan psikologis terhadap pemenuhan keinginan. Ketika kenyataan tidak sesuai dengan ekspektasi seseorang terhadap sesuatu hal, apakah menyangkut pekerjaan, sekolah, atau juga asmara,maka hal ini akan mempengaruhi fisiologis dan psikologis seseorang. Contoh sederhana, ketika kita menunggu seseorang namun orang tersebut tak datang, maka kita akan merasa kesal dan rasa kesal ini jika terjadi berulang kali akan terakumulasi menjadi stress. Contoh lain, kalau kita mengalami kegagalan, maka kita cenderung menyesalinya sehingga diri kita menjadi terbebani oleh kegagalan itu. Stress juga dapat terjadi jika kita tidak diterima dalam suatu lingkungan tertentu.

Stress yang terjadi pada diri seseorang akan mengganggu emosinya dan menyebabkan susah berfikir jernih. Berikut ini adalah gejala-gejala stress dari tingkat awal/ringan hingga ke tingkat berat: (1) kelelahan yang ekstrim, menyebabkan seseorang susah berkonsentrasi pada apa yang dia kerjakan, (2) tidur tidak teratur, bisa jadi kelebihan tidur, kurang tidur atau tidur disertai mimpi buruk, (3) mengalami kecemasan yang berlebihan, menghawatirkan hal-hal kecil yang tidak perlu dan cenderung paranoid, (4) perubahan suasana hati menjadikan orang yang stress cepat marah, dan (5) pada akhirnya orang yang stress akan merasa bersalah dan menjadi tidak berharga.

Itulah sedikit gambaran tentang stress. Jika mengalami gejala-gejala stress seperti yang diuraikan di atas, hal pertama yang harus dilakukan adalah menguji tingkat stress kita. Salah satu cara yang mudah untuk menguji tingkat stress kita adalah dengan melihat beberapa gambar di bawah ini.

.

gambar_ujistress1

.

=

.

gambar_ujistress2

.

=

.

ujisetresssss

.

=

.

ujisetresssss2

.

Gambar-gambar ini sesungguhnya adalah gambar statis (diam) dan bukan rekayasa/animasi. Inti dari test atau ujian ini adalah kemampuan berkonsentrasi.

Jika melihat gambar-gambar ini bergerak dengan cepat, berarti kita mengalami tingkat stress yang berat. Pada situasi ini kita tidak akan bisa meng-handle suatu pekerjaan dengan baik dan dianjurkan untuk beristirahat atau segera berkonsultasi ke psikiater.

Jika melihat gambar-gambar ini bergerak tapi perlahan, berarti kita hanya mengalami stress ringan dan masih bisa meng-handle suatu pekerjaan.

Jika melihat gambar-gambar ini diam (tidak bergerak), berarti berarti kita tidak mengalami stress.

Nah, anda termasuk yang mana? [a]

Note: Jika anda tidak percaya, perlihatkan gambar ini pada seseorang yang sedang pusing/mabuk (di bawah pengaruh alkohol/narkoba). Dalam keadaan pusing/mabuk, gambar-gambar ini ada yg terlihat berputar, dan ada yang bergelombang turun naik!