Awas, Jangan Salah Menangani Bau Ketiak!

BAU badan adalah aroma yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat, dan ketiak adalah salah satu tempat untuk mengeluarkan keringat. Produk deodoran menjadi pilihan banyak orang untuk menghilangkan bau ketiak. Tapi cara tersebut menghambat fungsi kelenjar ketiak sebagai detoksifikasi.

Kelenjar keringat, termasuk yang berada di ketiak, pada dasarnya berfungsi untuk mengeluarkan racun (toksin) dari dalam tubuh. Toksin dari dalam tubuh dikeluarkan setelah melalui proses metabolisme, lewat urin (air seni), pernafasan yang mengeluarkan karbon monoksida dan melalui keringat yang dikeluarkan oleh kulit sebagai organ tubuh terbesar, termasuk di ketiak. Oleh karena itu ketiak mempunyai fungsi yang penting (berkeringat berarti mengeluarkan racun).

Bagaimana dengan bau yang ditimbulkan? Para ahli, sebagaimana dilansir detikHealth (mengutip NaturalNews) mengatakan, bau pada ketiak berasal dari bakteri yang hidup di kulit ketiak. Penyebab bau ketiak adalah ekskresi intestinal zat racun yang berbahaya yang sedang berusaha dikeluarkan dari dalam tubuh melalui keringat. Nah, dalam konteks ini, penggunaan deodoran untuk mengatasi bau badan di ketiak dianggap tidak tepat. Sebab hal itu akan menutup jalan keluar zat racun dan menyebabkan racun tersebut tetap tinggal dalam tubuh.

Bau badan (bau ketiak) memang sangat mengganggu, apalagi saat berhubungan seks dengan pasangan. Bau badan termasuk salah satu penyakit ‘memalukan’ yang bisa mengikis habis rasa percaya diri bagi yang mengalaminya. Namun menghilangkan bau ketiak tidak disarankan menggunakan produk deodoran. Lebih baik dengan membersihkan diri secara rutin dan menjaga diri dari asupan makanan yang masuk kedalam tubuh.

.

bau-badan

Pernah mengalami masalah ini? Hmm… Bau badan (bau ketiak) memang sangat mengganggu, apalagi saat berhubungan seks dengan pasangan…

.

Salah satu makanan yang bisa menimbulkan bau ketiak adalah daging merah yang merupakan penyebab nomor satu bau ketiak, selain itu juga ada makanan junk food atau makanan siap saji. Sebaliknya, buah-buahan segar, produk kedelai, minyak sehat dan kandungan sehat lainnya dan juga makanan yang mengandung aromaterapi seperti rosemary atau oregano, baik dikonsumsi untuk mengurangi bau ketiak.

Dan jika bau ketiak sudah sedemikian mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau ketiak.

Usapkan cuka putih pada ketiak menggunakan cotton bud untuk membantu menghilangkan bau tak sedap dari ketiak. Atau bisa juga dengan mengusapkan cuka apel pada ketiak. Hal ini bisa menurunkan kadar pH di kulit ketiak, sehingga bakteri yang menyebabkan bau badan tidak akan bisa bertahan hidup (umumnya bakteri tak bisa bertahan pada kulit dengan kadar pH yang rendah). Selanjutnya gunakan bedak bayi atau baking soda pada ketiak, untuk menjaga ketiak tetap kering. Bedak akan membantu menyerap kelembaban ketiak. [a]

Senang baca artikel kesehatan? Klik Kesehatan!

Advertisements

3 thoughts on “Awas, Jangan Salah Menangani Bau Ketiak!

  1. Terimakasih buat infonya
    sangat bermanfaat sekali
    bisa di coba nanti
    SUKSES terus yah buat Blognya

    Silakan mampir ke Blog kami
    http://sehatalaherbal.wordpress.com

    KAMI MENYEDIAKAN:
    1. Kaos Kaki ANTI BAKTERI
    2. PAKAIAN PELANGSING yang membakar lemak lebih cepat.
    3. Produk PENGHEMAT BBM hingga 30% (120.000/packs)
    4. BLACK JADE, penguat, pembesar organ vital, meningkatkan kualitas mani dan kepuasan, badanpun sehat bugar
    5. KLOROFIL
    Terimakasih

    [a]: terimakasih….

  2. Scrub Ketiak ini mengandung ekstrak bunga kenanga, mawar, melati, dan tawas yang dapat mengangkat sel – sel kulit mati pada lipatan ketiak, mengurangi keringat yang berlebihan, dan dengan pemakaian yang teratur dapat mencerahkan warna kulit ketiak yang menghitam karena deodorant.
    Dengan aroma bunga kenanganya yang khas memberikan sentuhan yang eksotis.

    Cara Pemakaian :
    Campurkan Scrub Ketiak dengan air mawar / air kedathon / air biasa secukupnya kemudian pulaskan / ratakan pada ketiak, lalu gosok secara perlahan dengan gerakan memutar ke arah keluar hingga scrub berjatuhan. Kemudian bilas dengan air bersih.
    Pakailah 2x seminggu secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    [a]: makasih atas tambahannya, lumayan memperkaya tulisan ini… 🙂

  3. mAksHiiiiiii aTas inFONYa.coba beRi sOLusi untuk menghilangkan bau badan yang gampang dicari

    [a]: ada… coba cari bedak namanya PO. Powder ‘MBK’ katanya, bedak yg diproduksi di Tangerang ini sangat efektif menghilangkan bau keringat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s