BAU badan adalah aroma yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat, dan ketiak adalah salah satu tempat untuk mengeluarkan keringat. Produk deodoran menjadi pilihan banyak orang untuk menghilangkan bau ketiak. Tapi cara tersebut menghambat fungsi kelenjar ketiak sebagai detoksifikasi.

Kelenjar keringat, termasuk yang berada di ketiak, pada dasarnya berfungsi untuk mengeluarkan racun (toksin) dari dalam tubuh. Toksin dari dalam tubuh dikeluarkan setelah melalui proses metabolisme, lewat urin (air seni), pernafasan yang mengeluarkan karbon monoksida dan melalui keringat yang dikeluarkan oleh kulit sebagai organ tubuh terbesar, termasuk di ketiak. Oleh karena itu ketiak mempunyai fungsi yang penting (berkeringat berarti mengeluarkan racun).

Bagaimana dengan bau yang ditimbulkan? Para ahli, sebagaimana dilansir detikHealth (mengutip NaturalNews) mengatakan, bau pada ketiak berasal dari bakteri yang hidup di kulit ketiak. Penyebab bau ketiak adalah ekskresi intestinal zat racun yang berbahaya yang sedang berusaha dikeluarkan dari dalam tubuh melalui keringat. Nah, dalam konteks ini, penggunaan deodoran untuk mengatasi bau badan di ketiak dianggap tidak tepat. Sebab hal itu akan menutup jalan keluar zat racun dan menyebabkan racun tersebut tetap tinggal dalam tubuh.

Bau badan (bau ketiak) memang sangat mengganggu, apalagi saat berhubungan seks dengan pasangan. Bau badan termasuk salah satu penyakit ‘memalukan’ yang bisa mengikis habis rasa percaya diri bagi yang mengalaminya. Namun menghilangkan bau ketiak tidak disarankan menggunakan produk deodoran. Lebih baik dengan membersihkan diri secara rutin dan menjaga diri dari asupan makanan yang masuk kedalam tubuh.

.

bau-badan
Pernah mengalami masalah ini? Hmm… Bau badan (bau ketiak) memang sangat mengganggu, apalagi saat berhubungan seks dengan pasangan…

.

Salah satu makanan yang bisa menimbulkan bau ketiak adalah daging merah yang merupakan penyebab nomor satu bau ketiak, selain itu juga ada makanan junk food atau makanan siap saji. Sebaliknya, buah-buahan segar, produk kedelai, minyak sehat dan kandungan sehat lainnya dan juga makanan yang mengandung aromaterapi seperti rosemary atau oregano, baik dikonsumsi untuk mengurangi bau ketiak.

Dan jika bau ketiak sudah sedemikian mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau ketiak.

Usapkan cuka putih pada ketiak menggunakan cotton bud untuk membantu menghilangkan bau tak sedap dari ketiak. Atau bisa juga dengan mengusapkan cuka apel pada ketiak. Hal ini bisa menurunkan kadar pH di kulit ketiak, sehingga bakteri yang menyebabkan bau badan tidak akan bisa bertahan hidup (umumnya bakteri tak bisa bertahan pada kulit dengan kadar pH yang rendah). Selanjutnya gunakan bedak bayi atau baking soda pada ketiak, untuk menjaga ketiak tetap kering. Bedak akan membantu menyerap kelembaban ketiak. [a]

Senang baca artikel kesehatan? Klik Kesehatan!