ADA beberapa masalah kesehatan yang membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri. Salah satunya, seperti yang dialami sobat kita dalam foto ilustrasi ini, sering buang angin (di sembarang tempat lagi!). Jika Anda termasuk yang pernah mengalami masalah kesehatan yang membuat Anda kehilangan rasa percaya diri dan malu, tenang saja. Anda tidak sendiri! Sebagian besar manusia pernah mengalami. Nah, berikut ini beberapa masalah kesehatan yang paling sering mengikis rasa percaya diri penderitanya beserta cara menanganinya.

1. Nafas Bau
Nafas bau paling sering terjadi di pagi hari, khususnya jika Anda tidur dengan mulut terbuka. Tapi, beberapa orang mengalami masalah ini secara terus-menerus, sehingga berdampak jelas pada kehidupan sosial mereka. Penyebab: Dehidrasi, sakit gigi, infeksi gusi atau terlalu banyak alkohol. Meskipun kasusnya jarang, masalah ini bisa juga disebabkan oleh adanya masalah pada sinus dan paru-paru. Pengobatan: Gunakan sikat gigi yang baru dan jangan lupa juga menggosok lidah. Berhentilah merokok dan kurangi asupan kopi serta perbanyak minum air putih. Hal ini bisa memperbaiki aliran air liur (saliva). Jika tetap tidak ada perbaikan, segera periksakan diri ke dokter.

2. Penyakit Kulit
Masalah kulit mungkin membuat Anda merasa kalau semua orang sedang memandangi Anda (orang yang melihat Anda mungkin tidak berpikir demikian). Jerawat dan eksem merupakan dua masalah kulit yang paling sering membuat orang malu dan tidak percaya diri. Penyebab: Jerawat, penebalan kulit atau kulit gatal. Pengobatan: Jerawat biasanya bisa diatasi dengan obat yang tersedia di pasaran. Mintalah pendapat apoteker untuk mendapatkan jenis yang tepat. Jika masalah terus berlanjut, berkonsultasilah dengan pakar dermatologi.

3. Keringat Berlebih
Keringat berlebih pastilah sangat mengganggu aktivitas. Penyebab: Pengeluaran keringat cenderung terjadi jika Anda kelebihan berat badan, minum atau makan banyak makanan pedas atau saat Anda sedang menjalani masa pubertas. Pengobatan: Turunkan berat badan Anda, kurangi konsumsi makanan pedas dan gunakan anti-perspirant. Jika belumberhasil, berkonsultasilah dengan dokter.

4. Rona Merah
Pipi tentunya akan memerah jika berada di bawah sinar matahari. Akan tetapi, pada beberapa orang, rona merah cerah di pipi tetap bertahan saat berada di tempat teduh, bahkan kadang-kadang tanpa alasan tertentu. Penyebab: Kilas panas biasanya merupakan gejala menopause. Beberapa orang juga merasakan kilasan panas dengan pipi memerah jika mereka mengonsumsi monosodium glutamat. Pengobatan: Jika masih remaja, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengurangi konsumsi makanan pedas, alkohol, minuman panas serta pakaian tebal.

5. Obesitas
Obesitas adalah masalah kelebihan berat badan, dan penderitanya pasti merasa malu dan tidak percaya diri. Penyebab: Konsumsi kalori yang lebih besar dibandingkan kalori yang dibakar. Tapi, obesitas kadang-kadang disebabkan oleh masalah lain seperti pengobatan menggunakan steroid atau kelenjar tiroid yang tidak aktif. Pengobatan: Jika olahraga dan pembatasan kalori tidak berhasil, berkonsultasilah dengan dokter.

6. Sering Buang Angin
Rata-rata orang buang angin 12 kali sehari. Akan tetapi, terlalu sering buang angin bisa menandakan adanya masalah kesehatan lainnya. Penyebab: Jika Anda sering buang angin disertai dengan perut ribut, mungkin Anda mengalami iritasi usus atau infeksi seperti gastroenteritis. Sama seperti diare, infeksi pada anak misalnya akibat rotavirus merupakan penyebab yang paling umum. Sedang pada orang dewasa seringkali diakibatkan oleh kemungkinan keracunan makanan atau mungkin juga kanker usus. Pengobatan: Untuk mengatasi angin, makanlah lebih lambat untuk menghindari kemungkinan menelan udara. Jika gejala tetap berlangsung, berkonsultasilah dengan dokter.

7. Impotensi
Impotensi merupakan salah satu masalah yang paling memalukan bagi laki-laki, apalagi jika sama sekali tidak bisa lagi mengalami ereksi. Penyebab: Kecemasan mungkin menurut Anda hanya masalah sederhana. Tapi, kecemasan bisa mempengaruhi fisik dengan cara menyumbat arteri. Hal ini juga bisa berlaku pada pembuluh darah organ vital Anda, termasuk jantung. Jadi, ini bukan hanya masalah kehidupan seksual tapi juga termasuk masalah serius lainnya seperti penyakit jantung. Pengobatan: Berkonsultasilah dengan dokter. Dokter akan memeriksa tekanan dan kadar gula darah sebelum melakukan penanganan selanjutnya. Selain itu, Anda juga bisa membantu diri sendiri dengan berhenti merokok dan mengurangi minum alkohol.

8. Penyakit Menular Seksual
Jika mengalami gejala-gejala seperti adanya sensasi panas saat buang air seni, munculnya bintik merah atau kutil di alat vital, atau mengalami perdarahan setelah melakukan hubungan seksual, ini mungkin akan meruntuhkan kepercayaan diri Anda. Apalagi jika Anda baru pertama kali mengalaminya. Penyebab: Ada beragam penyebab termasuk chlamydia, gonorrhoea dan HPV (human papilloma virus). Pengobatan: Periksalah ke spesialis kelamin, dengan begitu Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat.[a]

(>>diolah dari berbagai sumber<<)