Workshop_penataan-ruangSEMINGGU terakhir, saya tak pernah ‘menyentuh’ blog ini, disebabkan saya harus kembali berkonsentrasi di RDF – Indonesia sebagai fasilitator dalam Workshop Penataan Ruang dengan tema “Revitalisasi Penataan Ruang (RTRW) Kabupaten dan Kota Dalam Perspektif Pengembangan Wilayah” pada tanggal 23 – 26 Mei 2009 lalu, bertempat di Hotel Golden View – Batam (Kepulauan Riau). Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak Dr. Hardian, SH dari Sub Direktorat Penataan Ruang Nasional, Ditjen Penataan Ruang Departemen PU RI.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan study tour ke Singapura dan Kualalumpur dengan tujuan melakukan observasi penataan ruang di dua kota tersebut. Di Singapura, peserta mengunjungi sejumlah tempat yang diharapkan dapat memberi inspirasi bagi peserta dalam mendisain atau merencanakan tata ruang daerah mereka. Antara lain, di kawasan public space Merlion Park, sekitar Harbour Front, dan juga China Town. Sementara di Malaysia, mereka mengunjungi Malaka, pusat pemerintahan Putra Jaya, pusat hiburan Genting Highland dan Menara Petronas.

Peserta kegiatan ini antara lain berasal dari satuan kerja bidang penataan ruang (Bappeda dan Dinas PU Cipta Karya/Tata Ruang) Kabupaten Barito Utara (Kalteng), Kabupaten Sintang (Kalbar), Kota Balikpapan dan Kabupaten Kutai Barat (Kaltim) dan Kota Jayapura (Papua).  [a]