Hasil Pilpres 2009: SBY Presiden!

kursi_presidenPEMILIHAN Presiden atau Pilpres baru akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2009 mendatang. Tapi hasil Pilpres 2009 sudah dapat dibayangkan. Setidaknya inilah yang dirasakan oleh partai-partai yang berkoalisi dengan Partai Demokrat. Popularitas Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), membuat keyakinan mereka bahwa SBY akan kembali terpilih sebagai Presiden RI kedua kalinya seolah sudah nyata. Pilpres yang akan berlangsung pada tanggal 8 Juli mendatang hanya  formalitas yang harus dilalui.

Menantang SBY di ajang pemilihan presiden menurut mereka adalah konyol dan buang-buang energi. Dalam konteks inilah, mereka sama sekali tak menganggap ‘seksi’ kehadiran Jusuf Kalla – Wiranto (calon presiden dan wakil presiden dari Partai Golkar dan Hanura) sebagai salah satu kutub koalisi yang lain. Apa yang mereka pikirkan dapat dimaklumi mengingat koalisi partai di Indonesia memang selalu dibangun berdasarkan prinsip pragmatisme. Partai politik yang calon presidennya dianggap paling berpeluang memenangkan pilpres, akan didekati lantaran harumnya aroma kue kekuasaan. Sebaliknya, yang peluangnya relatif kecil akan ditinggalkan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau hari ini kita menyimpulkan bahwa SBY akan memenangkan Pilpres 2009. Secara matematis, dukungan terhadap SBY sudah mencapai jumlah yang fantastis, yaitu 56,07 persen dengan perincian Partai Demokrat 26,43 persen PKS (10,54 persen), PAN (7,50 persen), PPP (6,96 persen), dan PKB (4,64 persen). Kalau PDI Perjuangan akhirnya ‘menjual’ suaranya ke Partai Demokrat dengan ikut mendukung SBY, maka dukungan terhadap SBY mencapai 72,68 persen karena PDIP menyumbang 16,61 persen.

Dan kalau saja pemilihan presiden menggunakan sistem lama, yaitu dipilih oleh anggota parlemen, maka SBY sudah dapat dipastikan menang mutlak dengan 72,68 persen atau mendapatkan suara 407 anggota DPR dari total 650 anggota DPR. Sementara pasangan Jusuf Kalla – Wiranto yang kemungkinan menjadi pesaing tunggal SBY hanya akan mendapatkan 123 suara anggota DPR atau 21,88 persen. Kalau pun Partai Gerindra pada akhirnya mendukung Jusuf Kalla – Wiranto, maka pasangan ini hanya akan mendapat 153 suara anggota DPR atau 27,24 persen.

Tulisan ini mungkin terlalu dini. Tapi saya membuat tulisan ini merespon perubahan sikap PDI Perjuangan, yang merubah arah koalisinya. Setelah beberapa waktu lalu menggagas Koalisi Besar bersama Partai Golkar, Gerindra, Hanura dan beberapa partai kecil lainnya, PDI Perjuangan secara mengejutkan ingin merapat ke Koalisi Cikeas. Perubahan sikap PDI Perjuangan ini terjadi setelah tidak adanya kesepakatan dengan Gerindra dalam hal penentuan calon presiden. Baik PDI Perjuangan maupun Gerindra ngotot untuk mengambil posisi calon presiden. Dalam keputus-asaannya, PDI Perjuangan akhirnya ingin bergabung dengan Koalisi Cikeas untuk mengusung capres SBY. Sangat disayangkan, karena PDI Perjuangan selama lima tahun terakhir berada pada posisi yang berseberangan dengan Demokrat.

Tak ada musuh abadi, tak ada kawan sejati. Mungkin inilah yang terjadi. Partai Golkar yang lima tahun terakhir ‘mesra’ dengan Demokrat harus berpisah. Sebaliknya PDI Perjuangan yang lima tahun terakhir ‘bermusuhan’ dengan Demokrat, kini memulai proses ‘pacaran’.

Kalau pada akhirnya PDI Perjuangan bergabug dengan Koalisi Cikeas dan mendukung SBY,  lalu apa lagi yang bisa menghalangi SBY untuk kembali bertahta sebagai Presiden RI selama lima tahun ke depan? Saya yakin semua pengamat politik pasti menyimpulkan demikian!

Meski demikian, pasangan Jusuf Kalla – Wiranto, tak perlu berkecil hati. Walau kecil, tapi peluang untuk memenangkan pilpres tetap ada. Sebab hasil pemilu legislatif tidak identik sepenuhnya dengan hasil Pilpres. Pemilihan Presiden saat ini dilakukan secara langsung. Saya, misalnya, pada waktu pemilu legislatif memilih caleg partai X karena pertimbangan dia teman saya (ada juga yang dengan pertimbangan keluarga, atau karena diberi duit dan lain-lain). Dalam pemilihan presiden, belum tentu saya memilih calon presiden yang diajukan oleh partai X. Kuncinya ada di PDI Perjuangan dan Gerindra. Kalau saja dua partai ini bisa bersepakat dalam waktu dekat, maka Koalisi Besar akan tetap solid dan berjalan sesuai rencana. Kalau ini terjadi, maka endingnya bisa saja berubah! [a]

Advertisements

7 thoughts on “Hasil Pilpres 2009: SBY Presiden!

  1. Dari hasil survei terbaru dari LRI
    1. SBY-HNW memperoleh dukungan 36,2%,
    2. Jusuf Kalla-Wiranto 27,6%
    3. Megawati-Prabowo 19,1%
    Sekarang kita tunggu bagaimana PDIP???

    [a]: Betul, kuncinya memang di PDIP dan Gerindra…. Sebenarnya ini momentum untuk mendorong perubahan seperti yang selama ini mereka dengung-dengungkan. Tapi kalau PDIP merapat ke Demokrat, SBY makin tak terbendung…. 😀

  2. assalamu alaikum wr. wb.

    alhamdulilah…
    Selamat akhirnya golput berhasil memenangkan jumlah suara terbanyak!
    Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Partai Golput,
    baik yang dengan penuh kesadaran dan keikhlasan maupun yang tidak.
    Lho, maksudnya? Gak Jelas? 😐

    Sudah saatnya kita ganti sistem!
    Sistem yang lebih “pro rakyat” dan lebih “berbudi”…
    Ayo kita ganti secepatnya, “lebih cepat lebih baik”…
    Mari kita “lanjutkan” perjuangan dakwah untuk menegakkannya!
    Sistem Islam, petunjuk dari Sang Maha Pencipta!

    Lihatlah dengan hati dan fikiran yang jernih!
    Aturan Sang Maha Pencipta diinjak-injak
    dan diganti dengan aturan yang dibuat seenak udelnya!
    Dan lihat akibatnya saat ini, telah nampak kerusakan
    yang ditimbulkan oleh sistem sekulerisme dan turunannya
    (seperti: kapitalisme, sosialisme, demokrasi, dsb) di depan mata kita!

    Banyak anak terlantar gara2 putus sekolah.
    Banyak warga sekarat gara2 sulit berobat.
    Banyak orang lupa gara2 ngejar2 dunia.
    Dan banyak lagi masalah yang terjadi gara2 manusia nurutin hawa nafsunya.

    Lihat saja buktinya di
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/05/12/kemungkaran-marak-akibat-syariah-tidak-tegak/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alwaie/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alislam/
    dan banyak lagi bukti nyata yang ada di sekitar kita!

    Untuk itu, sekali lagi saya mohon kepada semua pihak
    agar segera sadar akan kondisi yang sekarang ini…
    dan berkenan untuk membantu perjuangan kami
    dalam membentuk masyarakat dan negeri yang lebih baik,
    untuk menghancurkan semua bentuk penjajahan dan perbudakan
    yang dilakukan oleh manusia (makhluk),
    dan membebaskan rakyat untuk mengabdi hanya kepada Sang Maha Pencipta.

    Mari kita bangkit untuk menerapkan Islam!
    mulai dari diri sendiri.
    mulai dari yang sederhana.
    dan mulai dari sekarang.

    Islam akan tetap berlaku hingga akhir masa!
    Dan Islam akan menerangi dunia dengan cahaya kemenangan!
    Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan (-_-)
    terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

    wassalamu alaikum wr. wb.

    [a]: Yah, selamat berjuang deh…, kalau nunggu HT ‘berkuasa’, kelamaan…. capee deh…. 😀

  3. Link sudah saya add mas, mohon di linkback blog saya. Salam blogger, terimakasih….

    [a]: Ok, link-nya sudah sy add…. Salam kenal juga…. 🙂

  4. bagi saya siapapun yang jadi presiden,yang pasti janji-janjinya tidak akan terpenuhi semua karena banyak kendala yang terjadi di indonesia, dan itupun kalo dia ingat dengan ucapannya waktu kampanye….
    rakyat indonesia kasihan terlalu banyak di cekokin janji manis tapi yang mereka rasakan hanyalah kepahitan hidup yang harus ditanggung dan dijalani,,,,yach mau gimana lagi namanya juga nasib jadi wong cilik dari jaman prasejarah selalu tertindas….jadi ga’ usah kaget lah
    mendingan kita jalani saja hidup ini apa adanya,yang penting kita sudah berusaha dan berdo’a,,,,,jadi kalo tetap susah mau gimana lagi…..
    kita syukuri aja….

    [a]: paling tidak, janganlah memilih capres yang ‘penipu’ dalam arti lebih banyak boongnya dari pada jujurnya…. 🙂

    • aku kira demikian…tapi klu seandainya saja ada yang lebih cepat lebih baik..aaku kira mungkin bisa aja merubah indoneia menjadi negara yg maju..ok!

      [a]: Setuju bangettt…. 😀

  5. Hmm. . . ,
    bwat admin bsa tukeran link Sma syA ?
    nI link sya ( zaxshack.wordpress.com ),nNti syA psang blik link anda k blog syA ,
    Thanx , nTi sya cek .

    [a]: Link-nya sudah saya add mas, thanks…. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s