happy1SEPERTI apa orang cerdas itu? Sederhana saja. Jika hari ini Anda tetap bisa tersenyum bahagia tanpa rasa cemas sedikit pun, dan Anda bisa mempertahankan kebahagiaan Anda pada esok dan seterusnya dalam keadaan bagaimana pun, maka Anda sudah termasuk orang cerdas. Sederhana saja bukan?

IQ tinggi tidak selalu menjamin Anda bahagia. Kecerdasan itu multi dimensi dan kita tidak harus cerdas dalam segala hal. Thomas Amstrong, dalam buku Sekolah Para Juara (2004) mengatakan, berkembang atau tidaknya kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh faktor biologis, sejarah hidup pribadi, dan latar belakang kultural. Adakalanya, seseorang mengalami pengalaman yang melumpuhkan. Misalnya, seorang doktor di bidang Fisika yang cerdas logika-matematika mungkin sangat mumpuni dalam perhitungan-perhitungan sulit fisika, namun bisa jadi ia gugup jika berbicara di depan orang banyak (lemah kecerdasan interpersonalnya). Penyebabnya bisa jadi karena semasa kecilnya ia lebih banyak tinggal di rumah membaca buku, jarang diizinkan bersosialisasi bersama teman-temannya.

Profesi yang kita jalani adalah cermin beragamnya kecerdasan yang diperlukan untuk melangsungkan kehidupan. Mulai dari pembuat arang, penjahit baju, sampai insinyur nuklir. Kemampuan mereka di bidangnya masing-masing merupakan refleksi kecerdasan mereka. Jadi tidaklah tepat jika hanya mereka yang pintar matematika, fisika, atau bahasa asing yang disebut cerdas dalam makna tunggal. Jadi, sepanjang Anda masih dapat mendayagunakan sumber daya yang ada pada diri Anda dengan cara-cara yang benar (tidak melawan aturan) untuk memenuhi kebutuhan dasar Anda untuk bertahan hidup (tentu saja dengan bekerja atau berkarir) dan Anda mensyukurinya dan berserah diri secara total kepada-Nya, maka itu berarti Anda bahagia dengan kehidupan Anda. Jika Anda bisa mempertahankan kondisi seperti ini terus menerus dalam hidup Anda, maka Andalah orang yang cerdas!

Berhentilah mengukur tingkat kecerdasan dengan IQ. Mereka yang hasil tes IQ-nya tinggi adalah orang pintar dan orang pintar tidak selalu cerdas. [a]