Formasi Ideal Timnas Indonesia…

formasi-timnasAPA kabar sepak bola Indonesia? Konflik berkepanjangan yang melanda PSSI telah berakhir dan kini sepakbola nasional memasuki babak baru. PSSI sudah membentuk Badan Tim Nasional (BTN), suatu badan yang akan mengelola Timnas PSSI. Badan ini sudah menyatakan akan melibatkan pemain-pemain terbaik di Indonesia. Dan, seandainya BTN akhirnya memilih saya sebagai pelatih, maka inilah pemain terbaik yang akan saya panggil berdasarkan posisinya masing-masing.

Saya sudah menyiapkan formasi khusus untuk mereka, yaitu formasi 4-4-2 diamond (4-1-3-2). Formasi ini cukup tepat dan cocok dengan kualitas pemain-pemain terbaik timnas yang ada saat ini. Dengan formasi ini, pertahanan bisa lebih terjaga, dan serangan-serangan yang dibangun juga bisa optimal. Formasi ini bisa sewaktu-waktu berubah menjadi 4-3-3 (trio striker) untuk mengoptimalkan daya serang atau saat timnas ingin memaksakan kemenangan. Dan bisa di-switch menjadi 4-5-1 (4-2-3-1) jika menghadapi tim yang lebih kuat dan timnas berada dalam tekanan.

Baik mari kita sapa pemain yang akan memperkuat timnas kita. Kita mulai dari posisi penjaga gawang (GK-01). Posisi ini saya percayakan pada kiper Arema Malang Kurnia Meiga. Untuk mem-back up Kurnia, saya panggil juga I Made Wirawan (Persib Bandung) dan Ferry Rotinsulu (Sriwijaya FC).

.

kurnia-meiga

Tinggi, gesit, refleksnya bagus. Itulah Kurnia Meiga, kiper terbaik timnas saat ini…

.

Selanjutnya pemain belakang. Untuk posisi Right Centre Back (02), saya pilih Victor Igbonefo (Arema Malang) bergantian dengan Hamka Hamzah (Mitra Kukar) dan Maman Abdurrahman (Persib Bandung). Dan untuk posisi Left Centre Back (03) saya pilih M. Roby (Persisam) bergantian dengan Abdul Rahman (Sriwijaya FC) dan Hengky Ardiles (Semen Padang). Inilah defender-defender terbaik Indonesia saat ini….

.

Garang dan tanpa ampun, itulah Viktor Igbonefo, defender terbaik yang dimiliki timnas saat ini…

.

M-Roby

Duet M Roby dan Viktor Igbonefo sempat membuat striker sekelas Robin Van Persie penasaran…

.

Sementara untuk posisi Right Full Back (04), saya pilih Ricardo Salampessy (Persipura) bergantian dengan Zulkifli Syukur (Mitra Kukar) dan Supardi (Persib Bandung). Ketiga pemain ini memiliki kualitas yang sama. Adapun untuk posisi Left Full Back (05) akan saya percayakan pada Raphael Maitimo (Mitra Kukar) bergantian dengan Tony Sucipto (Persib Bandung) dan Ruben Sanadi (Persipura).

.

Maitimo

Untuk posisi full back kanan, timnas tidak kekurangan pemain (Ada Ricardo, Zulkifli dan Supardi). Full back kiri yang biasanya susah dicari, dan ini tantangan bagi Raphael Maitimo…

.

ricardo-salampessy

Sukses membawa persipura memimpin klasemen ISL, Ricardo Salampessy patut diberi kesempatan pertama sebagai full back kanan…

.

Sekarang kita beralih ke posisi pemain tengah (midfielder). Pertama, Devensive Midfielder (06). Orang yang mengisi posisi ini, selain bertugas membantu pertahanan, juga harus bisa menjalankan peran sebagai pengatur serangan. Untuk itu posisi ini saya percayakan pada Ahmad Bustomi (Mitra Kukar) bergantian dengan Emmanuel Wanggai (Persipura) dan Riski Pellu (Pelita Bandung Raya). Pemain lain yang bisa dipertimbangkan untuk posisi ini Ponaryo Astaman dan Ahmad Jufrianto (Sriwijaya FC) serta Haryono (Persib Bandung).

.

ahmad-bustomi

Jangkar tim, Ahmad Bustomi. Sering juga disebut sebagai gelandang pengangkut air…

.

Selanjutnya kita bergeser ke posisi Right Side Midfielder (07). Posisi ini akan saya berikan pada Andik Vermansyah (Persebaya 1927). Sebagai pelapisnya, saya panggil juga M. Ridwan (Persib Bandung) dan Vendry Mofu (Semen Padang). Sedangkan di posisi Left Side Midfielder (08), saya percayakan pada Ian Louis Kabes (Persipura) bergantian dengan pemain lincah Ferinando Pahabol (Persipura) dan Okto Maniani (Barito Putra). Mengapa mereka yang saya pilih? Karena pemain di kedua posisi ini harus memiliki kecepatan dan kemampuan drible di atas rata-rata, agar bisa memporakporandakan pertahanan lawan dan harus bisa mencetak gol (wing forward).

.

Andik-Vermansyah

Gesit, lincah, licin seperti belut, drible ok dan tendangan akurat, dialah Andik Vermansyah. Wing forward terbaik di timnas saat ini…

.

Selanjutnya Offensive Midfielder (09). Pemain di posisi ini sejatinya adalah seorang playmaker! Dan saya mempercayakan posisi ini pada Greg Nwokolo (Arema Malang) bergantian dengan Stefano Lilypaly  (Almere City) dan Firman Utina (Persib Bandung). Pemain di posisi ini harus memiliki fisik yang kuat dan bisa memenangkan pertarungan di lapangan tengah. Harus piawai dalam memberi umpan (assist), dan juga bisa menjadi predator bila berada di kotak penalty lawan. Selain itu, mereka juga harus mampu melakukan shooting dari jarak jauh dengan akurat dan mampu mengoptimalkan bola-bola atas. Intinya, pemain di posisi ini selain harus menjadi ‘jenderal’ di lapangan tengah, juga harus berjiwa striker karena sewaktu-waktu mereka bisa didorong ke depan sebagai striker (centre forward) jika tim membutuhkan peningkatan daya serang dengan menggunakan formasi 4-3-3.

.

greg-nwokolo

Petarung sejati, layak jadi jenderal lapangan tengah, playmaker timnas. Dialah Greeg Nwokolo, gelandang serang timnas terbaik saat ini…

.

Sekarang kita masuk pada posisi pemain depan. Untuk posisi Right Centre Forward (10), saya butuh striker flamboyan tapi mematikan jika berada di kotak penalti lawan. Posisi ini harus diisi striker yang efektif, tidak boleh banyak membuang peluang. Dan pemain yang saya pilih untuk posisi ini adalah Sergio Van Dijk (Persib Bandung) dan sebagai pelapisnya, saya panggil Christian Gonzales (Arema Malang) dan Samsul Arif (Persela Lamongan). Sebetulnya masih ada pemain lain yang patut dipertimbangkan untuk mengisi posisi ini, misalnya Patrich Wanggai (Persipura), Tantan (Sriwijaya FC), Yongki Ariwibowo (Barito Putra) dan Rahmat Afandi (Persija).

.

svd

Sekecil apapun peluang bisa jadi gol jika dihadapi oleh Sergio Van Dijk. Flamboyan dan sangat efektif sebagai striker…

.

Adapun tandemnya, untuk posisi Left Centre Forward (11), saya mencari striker kreatif, rajin membuka ruang, punya tenaga dan determinasi tinggi (ngotot) selain punya shooting yang juga akurat. Pada posisi ini, saya mempercayakannya pada Boaz Salossa (Persipura) dan sebagai pelapisnya, saya panggil Titus Bonai (Semen Padang) dan juga Irfan Bachdim yang kini memperkuat salah satu club sepak bola di Thailand. Pemain lain yang bisa mengisi posisi ini adalah Ferdinand Sinaga (Persisam Samarinda).

.

boaz-solossa-timnas-07

Lincah, rajin bergerak, jagonya dribel dan punya shooting akurat, inilah Boaz Salossa. Striker dan kaptem timnas saat ini…

.

Itulah 33 pemain yang akan saya panggil jika saya terpilih jadi pelatih timnas Indonesia (:D). Mereka inilah 3 (tiga) pemain terbaik di posisinya masing-masing yang ada (tersedia) saat ini. Saya ulangi lagi, inilah nama mereka berdasarkan posisi mereka masing-masing. Pemain yang disebut pertama merupakan starting eleven dan dua nama berikutnya adalah padanannya, yang disiapkan sebagai alternatif (pengganti).

#Penjaga gawang (GK-01):

Kurnia Meiga [I Made Wirawan atau Ferry Rotinsulu]

#Right centre back (RCB-02):

Victor Igbonefo [Hamka Hamzah atau Maman Abdurrahman]

#Left centre back (LCB-03):

M. Roby [Abdul Rahman atau Hengky Ardiles]

#Right full back (RFB-04):

Ricardo Salampessy [Zulkifli Syukur atau Supardi]

#Left full back (LFB-05):

Raphael Maitimo [Tony Sucipto atau Ruben Sanadi]

#Defensive midfielder (DM-06):

Ahmad Bustomi [Manuel Wanggai atau Riski Pellu]

#Right side midfielder (RSM-07):

Andik Vermansyah [M. Ridwan atau Vendry Mofu]

#Left side midfielder (LSM-08):

Ian L. Kabes [F. Pahabol dan Okto Maniani]

#Offensive midfielder (OM-09):

Greg Nwokolo [Stefano Lilypaly atau Firman Utina]

#Right centre forward (RCF-10):

Sergio Van Dijk [C. Gonzales atau Samsul Arif]

#Left centre forward (LCF-11):

Boaz Salossa [Titus Bonai dan Irfan Bachdim]

:)

Nah, inilah komposisi Timnas impian saya. Formasi 4-4-2 diamond (4-1-3-2) setiap saat bisa menjadi 4-3-3 jika pemain pada posisi OM-09 naik sebagai striker (Centre Forward). Makanya di posisi ini saya memilih Greg Nwokolo. Sebaliknya, jika tim harus mengoptimalkan pertahanan, bisa menerapkan formasi 4-5-1 (4-2-3-1) dengan menarik pemain pada posisi LCB-11 digantikan oleh pemain tengah bertahan (DM-06). Dengan demikian, terdapat dua pemain gelandang bertahan yang membantu pemain belakang. Dengan formasi ini, tim dapat mengandalkan serangan balik cepat melalui kedua pemain sayap (RSM-07 atau LSM-08). Bravo sepak bola Indonesia!!! [a]

About these ads

One thought on “Formasi Ideal Timnas Indonesia…

  1. Pingback: Jacksen Tiago, Harapan Baru Timnas Indonesia… | Rumah Sejuta Ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s