Dora-Diego, film kartun mendidik?

dora_diegoFILM kartun adalah film yang menawarkan imajinasi bagi penonton TV kelompok umur anak-anak. Sayangnya imajinasi yang mereka nikmati ‘kadang-kadang’ atau bahkan lebih sering tidak masuk akal atau tidak logis. Alih-alih mendidik, film kartun seperti ini justru dapat menyesatkan anak bahkan dalam tingkat yang lebih berat bisa membuat anak celaka. Walau demikian, ada beberapa film kartun yang cukup mendidik. Misalnya Dora the Explorer dan Go Diego Go. Film yang tayang berbahasa Indonesia ini (bahasa aslinya adalah Spanyol atau Inggris) bercerita tentang tokoh anak yang penuh rasa ingin tahu, pemberani dan penyayang binatang. Kedua film kartun ini juga sangat diminati di kalangan anak-anak yang berusia sekitar 4 tahun.

Metode penyampaian pesan dalam film kartun Dora dan Diego juga sederhana dan variatif, dikemas dalam berbagai cerita yang menarik minat anak-anak. Memberi pemahaman mengenai berbagai hal seperti bentuk, warna, angka-angka, kata-kata, binatang, tumbuh-tumbuhan dan sebagainya.

dora-diego

Membiarkan anak menonton film kartun sendiri bukan hal yang bijaksana, sekalipun itu adalah film kartun yang mendidik…

Kedua film ini (Dora dan Diego) juga jauh dari unsur kekerasan. Sebaliknya melatih anak untuk kreatif (selalu ingin tahu), walaupun sejauh ini belum ada penelitian yang menguatkan. Milton Chen, penulis buku ‘Anak-anak dan Televisi’ mengatakan TV adalah ‘orang asing’ yang dapat menggantikan peran orang tua dalam mengasuh anak, sengaja atau tak sengaja. Ia berinteraksi dengan anak-anak. Bisa menyebabkan hal-hal tak terduga pada anak-anak kita, menjadi terhibur, lebih cerdas, lebih kreatif, tapi juga bisa menjadi korban.

Seorang bocah perempuan berusia empat tahun tewas tersangkut pita rambutnya sendiri di Inggris (1 Januari 2008). Bocah ini akhirnya tewas, entah karena bermaksud menirukan adegan kartun Go Diego Go atau karena sebab lain. Yang jelas sebelum kecelakaan itu, sang bocah yang bernama Paige Brown (4 th) diketahui menonton film kartun Dora the Explorer dan Go Diego Go di rumahnya.

Intinya, membiarkan anak menonton film kartun sendiri tetap saja bukan hal yang bijaksana. Sekalipun itu adalah film kartun yang mendidik. [a]

34 thoughts on “Dora-Diego, film kartun mendidik?

  1. kenapa vidio klipnya tidak ada?

    [a]: Maksudnya video klip apa Mbak? Kalau mau nonton Dora – Diego, setiap hari juga ada di TV (Global TV)…. :D *peace*

  2. kau tahu, film dora ini bukan film mendidik karena dia sendiri goblok!

    [a]: Oh ya? Saya baru tahu tuh! Tapi menurutku, nonton Dora masih jauh lebih baik bagi anak-anak dari pada nonton sinetron…. (maaf….) :) *peace*

  3. diego……,bagus.tapi orang tua yg berperan penting mengawasi anak,film apapun pasti akn berdampak baik n buruk pada anak

  4. dora n giego skr knp tayangx pagi” skali? anak saya bangun dora sdh habis tayang,skr tiap hari nangis cari kartonx,terpaksa tiap hari stelkn vcdx,tlg tayangkn rada siang lg y

  5. jagoan2 kecilku (3thn & 4thn) senang sekali nonton dora dan diego, tiap hari bangunx pagi krn cuman ingin nonton dora…
    krn senangx mrk ingin memiliki pernak-pernikx, dimana ya bisa dapat pernak-pernik dora & diego???? tolong dong infonya……

  6. dora n diego..baik2 saja untuk tontonan anak. jadi rajin bangun pagi u/ nonton dora tiap hari..lumayan gasa repot2 bangunin u/ sekolah.cm iklannya seharusnya di minimal mungkin…

    • Dora itu jelek, tidak mendidik, dora itu goblok, bego, gila. Jelas2 itu kelihatan masih pakai peta segala….. Jelas kartun yang tidak mungkin di dunia nyata. Maaf sy menyinggung yang buat film dora. Sy gak suka sama film ini. Banyak orang bilang mendidik tetapi itu membuat orang gila. Bahasa bisa campur, inggris indonesia dll

      Maaf
      Kevin(109)

  7. saya sangat suka film dora dan diego dulu, animasi nya sangat bagus saya sangat suka sekali sama itu kartun ilove you dora and diego

    • dora adalah sahabatku karena aku suka dia walaupun fi lmnya pagi aku tetap nonton sebelum sekolah.. … jangan ketinggalan nonton yaaahhh….. seru loh…

      diego adalah sahabatkku karena dia baik dan lucu.

      Brenda (9)

  8. dora itu bangus tapi slalu diulung ulang bikin bosan buat progam baru dong supaya ngak bikin bosan melulu
    dora adalah sahabatku karena aku suka dia walaupun fi lmnya pagi aku tetap nonton sebelum sekolah.. … jangan ketinggalan nonton yaaahhh….. seru loh…
    diego adalah sahabatkku karena dia baik dan lucu alisa adalah sahabatku karena dia baik dan penolong

  9. iya buu indri diego iu memang baik bisa bicara juga sama binatang liar semua anak saya itu yang lakilaki juga suka dora alisa sama diego anak saya anak saya yang perempuan sama juga suka diego alisa dora semuanya sampai semuanya sulit diinggatkan

  10. anak saya sekarang sering petualang seperti dora diego sama alisa dia membuat peta sendiri tanya saya tempatnya dimana terus saya kasih tau saya jadi bahagia

  11. gw krang cuka ma film nue………… tpi adk2 gw yang cka bngt ma film nue……….. gra2 film nue gw ma adk2 gw jdi berebutan TV………. gw benci buanget ma film nue

  12. Like this post,hopefully it can be usefull for the Mommies to accompany their child in watching movie,even that a cartoon movie……

Leave a Reply

