Nabi Adam AS = Manusia Pertama?

nabi-adamhawaSAMPAI saat ini saya meyakini bahwa Nabi Adam as adalah manusia yang langsung diciptakan oleh Allah SWT, dalam arti kehadirannya di dunia bukan karena dilahirkan sebagaimana lazimnya manusia. Tapi apakah Nabi Adam as adalah manusia pertama, ini yang masih membuat saya bertanya-tanya.

Dalam usaha mencari jawaban, saya menemukan ‘perbedaan’ antara fakta yang ada di bumi dengan sejarah penciptaan Adam yang diceritakan dalam Quran (al-Baqarah ayat 30). Ketika Allah Swt akan menciptakan (Nabi) Adam, para malaikat berkata: “Apakah Engkau hendak menjadikan orang (manusia) yang merusak dan menumpahkan darah di sana (bumi), sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan mensucikan nama-Mu?” Lalu dijawab oleh Allah SWT: “Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” Respon malaikat atas rencana penciptaan Adam mengindikasikan malaikat sudah pernah menyaksikan dan mengamati tabiat manusia, sebelum nabi Adam as diciptakan. Dan jika demikian, berarti nabi Adam as bukanlah manusia pertama yang menghuni di bumi.

Sekarang mari kita telusuri fakta sejarah tentang manusia di bumi. Fosil cro magnon dengan volume otak seperti sekarang, ditemukan di Jerman dan Prancis, usianya 40.000 tahun. Lalu Homo Sapien yang tahun lalu fosilya ditemukan di Flores NTT (Indonesia) oleh peneliti Australia sudah berusia 70.000 tahun. Jika menengok lebih kebelakang, ada Homo Erectus Soloensis yang fosilnya ditemukan di Sangiran Sragen Indonesia, usianya sekitar 1 juta tahun. Manusia Homo Erectus Soloensis adalah manusia purba tertua yang sempurna sebagai manusia, dalam artian mereka sudah berbudaya, dapat berburu, membuat api dan membuat perkakas dari batu/tulang.

.

fosil-sangiran

Salah satu fosil manusia purba yang ditemukan di Sangiran, Sragen. Manusia pra sejarah yang pernah ada tidak ada yang terbukti merupakan hasil evolusi dari primata (sejenis kera). Manusia purba dan primata adalah dua ciptaan yang berbeda. Primata adalah hewan dan tidak bisa berevolusi menjadi manusia…

.

Jika Nabi Adam AS adalah manusia pertama, berarti ia lebih tua dari Homo Erectus Soloensis yang berusia sekitar satu juta tahun itu. Atau dengan kata lain, Homo Erectus Soloensis, Homo Sapien, dan Cro Magnon adalah keturunan Nabi Adam AS. Ini sulit diterima secara logika. Sebabnya, Nabi Adam diciptakan dalam keadaan sempurna sebagai manusia, cerdas karena mengetahui banyak hal yang tidak diketahui malaikat maupun iblis. Bahkan dalam Quran dijelaskan, karena kecerdasan Nabi Adam itulah, maka malaikat akhirnya bersujud padanya atas perintah Allah SWT, sesuatu yang tidak dilakukan iblis (yang kemudian menyebabkan iblis dilaknat Allah SWT).

Nah, kalau kecerdasan Nabi Adam mengalahkan malaikat, bagaimana mungkin keturunannya seperti Homo Erectus Soloensis, yang baru dapat membuat perkakas dari batu/tulang serta hidup berburu. Anak-anak Nabi Adam saja, Qabil dan Habil, sudah bercocok tanam dan beternak (ketika keduanya berselisih dalam memilih isteri, Allah SWT memerintahkan keduanya untuk memberikan kurban. Qabil mempersembahkan gandum yang kualitasnya buruk dan Habil mempersembahkan domba terbaiknya).

Selain itu, rentang waktu dari Nabi Adam hingga hingga saat ini, membuktikan bahwa manusia purba yang pernah ada, baik itu Cro Magnon, apalagi Homo Sapiens, terlebih lagi Homo Erectus Soloensis sudah ada jauh sebelum Nabi Adam as diturunkan ke bumi.

Berdasarkan keterangan dari Kitab Injil/Perjanjian Lama (Kejadian, Keluaran, Galatia dan Raja Raja), rentang waktu dari Nabi Adam hingga Nabi Isa (Yesus) adalah 4.168 tahun. Rinciannya adalah jarak waktu sejak Nabi Adam as diciptakan hingga peristiwa banjir besar di jaman Nabi Nuh as adalah 1656 tahun (saat peristiwa ini terjadi Nabi Nuh as berusia 600 tahun). Rentang waktu dari peristiwa banjir besar ini sampai peristiwa bencana Sodom-Gomora di jaman Nabi Ibrahim as dan Nabi Luth as adalah 390 tahun (terjadi 9 bulan sebelum Nabi Ishak as lahir). Jarak peristiwa bencana Sodom-Gomoro sampai migrasi Nabi Yakub as dana anak cucunya (bani Israil) yang berjumlah 70 orang dari Kanaan ke Mesir adalah 190 tahun (terjadi saat Nabi Yusuf as telah menjadi Gubernur di Mesir).

Rentang waktu dari migrasi bani Israil ke Mesir dan kembali lagi ke Kanaan yang berjumlah 600.000 jiwa adalah 430 tahun (peristiwa ini terjadi saat bani Israil dipimpin oleh Nabi Musa as dan dikejar oleh Firaun). Rentang waktu dari eksodusnya bani Israil kembali ke Kanaan  sampai pembangunan Rumah Tuhan oleh Raja Solomo (Nabi Sulaiman as) adalah 480 tahun (terjadi pada tahun ke-4 pemerintahan Raja Salomo). Rentang waktu dari pembangunan Rumah Tuhan oleh Raja Solomo hingga runtuhnya kerajaan Yehuda (Yerussalem) oleh agresi Raja Nebukadnezar (Babylonia) adalah 436 tahun. Peristiwa ini terjadi pada tahun ke-19 masa pemerintahan Raja Nebukadnezar. Dalam peristiwa ini Raja Yerusalem terakhir (Raja Zadekia), pejabat dan sebagian besar rakyatnya ditawan dan dibawa ke Babylonia, inilah yang disebut masa pembuangan Bani Israil yang dalam sejarah dunia tercatat pada tahun 586 SM. Dengan demikian, rentang waktu sejak Nabi Adam diturunkan ke bumi hingga tahun 1 Masehi adalah 4168 tahun, jadi rentang waktu dari jaman Nabi Adam hingga saat ini adalah (sekitar) 6.177 tahun (wallahu alam, Anda boleh percaya, boleh tidak percaya).

Lebih dapat diterima oleh logika, jika dikatakan: manusia yang dikenali oleh malaikat sebagai manusia yang senang membuat kerusakan dan saling menumpahkan darah, itulah Homo Erectus Soloensis, Homo Sapien dan Cro Magnon. Mereka memang memiliki tabiat senang bermusuhan dan saling membunuh, tapi apakah benar para manusia purba itu yang dimaksudkan oleh malaikat?

.

monyet-galau

Kalau manusia adalah hasil evolusi dari kera, maka seharusnya binatang ini sudah punah semua karena perubahan bentuk dalam proses evolusi terjadi demi menjaga kelangsungan hidup. Ternyata, kera masih ada sampai sekarang…

.

Kalau kita mengatakan benar, seolah-olah kita mengakui bahwa Nabi Adam as dan kita semua adalah keturunan dari manusia purba yang pernah ada itu. Atau mungkin memang seperti itu? Dengan kata lain keberadaan manusia purba itu adalah bagian dari proses panjang penciptaan manusia, dan Nabi Adam adalah ‘hasil akhir’ yang kemudian disempurnakan Allah Swt. dengan diberikan ilmu, untuk selanjutnya ditunjuk sebagai khalifah pertama di bumi. Wallahu alam… Manusia-manusia purba yang pernah ada memang tidak ada yang terbukti merupakan hasil evolusi dari primata (sejenis kera). Manusia purba dan primata adalah dua ciptaan yang berbeda. Primata adalah hewan dan tidak akan pernah bisa berevolusi menjadi manusia (dalam hal ini, teori evolusi yang dikemukakan Charles Darwin bahwa manusia berasal dari primata adalah sesat/menyesatkan dan tidak pernah bisa terbukti atau dibuktikan).

Lalu bagaimana sebenarnya penjelasan Quran terhadap penciptaan Nabi Adam as. Sebagaimana dijelaskan dalam Quran surah Ali Imran ayat 59: Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah dia (hal ini diperkuat dengan surah lainnya yakni An Nisa ayat 1, Al Hujarat ayat 13 dan Al A’raf 189). Untuk diketahui, Nabi Isa as lahir ke dunia melalui (dilahirkan) oleh ibundanya, Maryam.

Kalau Nabi Adam kita posisikan sebagai manusia pertama yang diciptakan, maka kita cenderung menganggap manusia-manusia purba yang ada sebelumnya merupakan salah satu jenis binatang yang menyerupai manusia. Lalu manusia yang mana lagi, yang dimaksudkan oleh malaikat yang pernah ada sebelum Nabi Adam as diciptakan, yang digambarkan senang bermusuhan dan saling membunuh?

.

Samyaza

Dalam Kitab Henokh diceritakan tentang para ‘mahluk dari langit’ dan pemimpin mereka bernama Samyaza yang turun ke bumi dan memperistri anak perempuan manusia. Dari mereka, kemudian lahirlah raksasa-raksasa jahat yang melahap semua makanan manusia di bumi, dan saling membunuh…

.

Ada satu analisis lainnya mengenai kemungkinan adanya manusia sebelum Nabi Adam as diturunkan ke bumi, hanya saja analisis ini terdengar seperti mitos. Namun karena sumbernya adalah Kitab Henokh yang diduga ditulis oleh Nabi Idris as, maka analisis ini patut dibaca. Untuk lebih jelasnya baca artikel ini: Nabi Idris menulis tentang Lemuria? Intinya adalah, pernah ada peradaban di bumi  dengan pengetahuan dari Surga, peradaban yang melibatkan ‘mahluk dari langit’ dengan manusia yang ada di bumi. Peradaban ini sendiri merupakan efek dari ‘pemberontakan’ yang terjadi di langit, yang kemudian dimusnahkan oleh Sang Pencipta dan ditenggelamkan.

Pada akhirnya kita hanya bisa meyakini bahwa Nabi Adam as merupakan manusia pertama yang sempurna dan dikehendaki (ditakdirkan) oleh Allah Swt. untuk menjadi khalifah di bumi. Tulisan ini sebenarnya didasarkan pada kekhawatiran akan kemungkinan adanya (kelompok) manusia lain di bumi saat Nabi Adam as diturunkan ke bumi. Ada sejumlah pertanyaan yang cukup mengusik, misalnya, mengapa ada kelompok manusia di bumi yang peradabannya begitu majunya, sementara di belahan lain ada yang masih sangat terbelakang…. :(

Selanjutnya yang juga menarik untuk ditelusuri adalah bagaimanakah proses diturunkannya Nabi Adam as dan Hawa ke bumi? Apakah mereka diturunkan di tempat yang sama? Di bagian manakah di bumi ini mereka diturunkan/ditempatkan? Bagaimana proses berkembangnya keluarga Nabi Adam? Siapa saja putra-putri mereka? Baca sejarahnya pada artikel: Keluarga Pertama di Bumi (Kisah Adan & Hawa). [a]

Untuk membaca artikel terkait, klik Manusia & Alam. Bagi yang tertarik menelusuri jejak dinosaurus di bumi, klik ini: Dinosaurus, Kenangan Pra Sejarah….

Referensi tulisan ini: (1) Quran (surah al-Baqarah, Ali Imran, An Nisa, Al Hujarat, Al A’raf)

About these ads

134 thoughts on “Nabi Adam AS = Manusia Pertama?

  1. ass..
    mmmm,,
    bukannya pada awalnya nabi adam berada di syurga y??
    setelah ia memakan buah khuLdi,
    baruLha ia diturunkan kebumi krn meLanggar peraturan yang telah disepakati.

      • setau saya setelah sya banyak belajar, sebelum di turunkannya nabi Adam AS ke bumi, bumi sudah ada beserta isinya, hal itu sudah di jelaskan di dalam Al-Qur’an Surah Luqman ayat 10, Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik.

  2. Bung Asmar,

    Saya sempat membaca buku tulisan Agus Musthofa judulnya ‘Ternyata Adam Dilahirkan’, buku itu mengurai berdasarkan Al-Qur’an.
    Pointernya adalah:
    a. Adam dilahirkan oleh manusia dengan proses kelahiran seperti nabi Isa (tanpa bapak)
    b. Ada makhluk serupa manusia yang belum bisa disebut sebagai manusia berakal dan gemar membuat kerusakan

    Sepertinya manusia purba, cikal bakal nabi Adam itu ada di Jawa deh!

  3. erjemahan surah al-baqoroh: 30:
    Dan ketika Tuhan engkau berkata [57] kepada para malaikat, [57a] “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang [a] khalifah di bumi;” berkata mereka, “Apakah Engkau akan menjadikan di dalamnya orang yang akan membuat kekacauan di dalamnya dan akan menumpahkan darah? [58] Padahal kami bertasbih dengan pujian Engkau [59] dan kami mensucikan [60] Engkau.” Berfirman Dia, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” [61]

    Qala perkataan bahasa Arab yang lazim dan berarti, ia berkata. Tetapi, kadang-kadang dipakai dalam arti kiasan, bila yang dimaksudkannya bukan pernyataan kata kerja, tetapi keadaan yang sesuai dengan arti kerja itu. Ungkapan. imtala’a al-haudhu wa qala qathni (kolam itu menjadi penuh dan ia berkata, “Aku sudah penuh”) tidak berarti bahwa kolam itu benar-benar berkata demikian; hanya keadaaannya mengandung arti bahwa kolam itu sudah penuh. dengan ungkapan lisan. Maka ayat ini hanya berarti bahwa para malaikat itu dengan peri keadaan mereka. menyirat jawaban yang di sini dikaitkan kepada percakapan antara Tuhan dan para malaikat tidak perlu diartikan, secara harfiah sebagai sungguh- sungguh telah terjadi. Seperti dinyatakan di atas, kata qala itu kadang-kadang dipakai dalam arti kiasan, untuk mengemukakan hal yang sebenarnya bukan suatu ungkapan lisan, melainkan hanya keadaan yang sama kata-kata yang diucapkan mereka.

    Mala’ikah ( para malaikat ) yang adalah jamak dari malak di serap dari malaka, yang berarti, ia mengendalikan, mengawasi; atau dari alaka, artinya, ia mengirimkan. Para malaikat disebut demikian, sebab mereka mengendalikan kekuatan-kekuatan alam atau mereka membawa wahyu Ilahi kepada utusan-utusan Allah swt. dan pembaharu-pembaharu samawi.

    Para malaikat tidak mengemukakan keberatan terhadap rencana Ilahi atau mengaku diri mereka lebih unggul dari Adam a.s. Pertanyaan mereka didorong oleh pengumuman Tuhan mengenai rencana-Nya, untuk mengangkat seorang khalifah. Wujud khalifah diperlukan bila tertib harus ditegakkan dan hukum harus dilaksanakan. Keberatan semu para malaikat menyiratkan bahwa, akan ada orang-orang di bumi yang akan membuat kekacauan dan menumpahkan darah. Karena manusia dianugerahi kekuatan-kekuatan besar untuk berbuat baik dan jahat, para malaikat menyebut segi gelap tabiat manusia; tetapi, Tuhan mengetahui bahwa manusia dapat mencapai tingkat akhlak yang demikian tingginya, sehingga ia dapat menjadi cermin sifat-sifat Ilahi. Kata-kata, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui, menyebutkan segi terang tabiat manusia.
    Pertanyaan para malaikat, bukan sebagai celaan terhadap perbuatan Tuhan, melainkan sekedar mencari ilmu yang lebih tinggi mengenai sifat dan hikmah pengangkatan itu, Untuk arti nusabbihu lihat catatan no. 2981.
    Sementara tasbih (memuji) dipakai bertalian dengan sifat-sifat, maka taqdis (menyanjung kekudusan Tuhan) dipergunakan tentang tindakan-tindakan-Nya.

    Adam a.s., yang hidup kira-kira 6000 tahun yang lalu, umumnya dipercayai sebagai orang yang pertama sekali, dijadikan oleh Tuhan di atas muka bumi. Tetapi, pandangan itu tidak didukung oleh Alquran. Dunia telah melalui berbagai daur (peredaran) kejadian dan peradaban; dan Adam a.s. leluhur umat manusia zaman ini, hanya merupakan mata rantai pertama dalam daur peradaban sekarang dan bukan orang pertama makhluk ciptaan Tuhan. Bangsa-bangsa telah timbul tenggelam, peradaban lainnya telah datang dan pergi. Muhyidin Ibn Arabi, seorang sufi besar mengatakan bahwa, sekali peritiwa beliau melihat diri beliau dalam mimpi sedang tawaf di Ka’bah. Dalam mimpi itu seorang yang menyatakan dirinya sebagai seorang dari nenek moyangnya nampak di hadapan beliau. ” berapa lamanya sudah lewat sejak anda meninggal ?” tanya Ibn Arabi. ” Lebih dari empat puluh ribu tahun”, jawab orang itu, “Tetapi masa itu jauh lebih lama, dari masa yang memisahkan kita dari Adam,” kata Ibn Arabi lagi. Orang itu menjawab, “Tentang Adam yang mana engkau bicara? Tentang Adam yang terdekat kepada engkau atau tentang Adam lain ?” “Maka aku ingat, ” kata Ibn Arabi, “suatu sabda Rasulullah saw. yang dimaksudnya bahwa, Tuhan telah menjadikan tidak kurang dari seratus ribu Adam dan saya berkata dalam hati, “barangkali orang yang mengaku dirinya datukku ini seorang dari Adam-adam terdahulu”(Futuhat, II, hal. 607).

    Tidak dikatakan bahwa keturunan yang hidup sebelum Adam a.s. seluruhnya telah lenyap, sebelum beliau dilahirkan. Mungkin sekali kerika itu masih ada sedikit sisa yang tertinggal dari keturunan purba itu, dan Adam a.s. itu seorang dari antara mereka, Kemudian, Tuhan memilih beliau menjadi leluhur keturunan baru dan pelopor sera pembuka jalan peradaban baru. Dijadikan seakan-akan dari yang telah mati, beliau melambangkan terbitnya fajar zaman kehidupan baru. Karena khalifah berari penerus, maka jelas sekali manusia telah ada hidup di bumi ini, sebelum Adam a.s. yang menggatikan mereka, dan kita tak dapat mengatakan apakah penduduk asli Amerika, Australia, dan sebagainya itu, keturunan Adam a.s. terakhir ini atau dari Adam lain yang telah lewat sebelum beliau.

    Banyak telah dibicarakan mengenai tempat kelahiran Adam a.s. atau dimana beliau diangkat sebagai mushlih (pembaharu). Pandangan umum ialah beliau ditempatkat di suatu tempat di surga, namun kemudian diusir dari situ, lalu ditempatkan di suatu tempat di dunia. Tetapi, kata-kata “di bumi” menyangkal pandangan itu, dan secara pasti mengemukakan bahwa, Adam a.s. hidup di bumi dan di bumi pula beliau diangkat sebagai Pembaharu. Sangat besar kemungkinan bahwa, beliau untuk pertama kali tinggal di Irak, tetapi kemudian diperintahkan berhijrah ke suatu negeri tetangga.
    R

  4. Assalamu’alaikum… Ikut komentar ya… :)

    وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلا (٧٠)ه70. dan Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.[QS. Al 'Isrō'/17 : 70]

    a. الله menyebut seluruh umat manusia di muka bumi dengan sebutan Bani Adam (Keturunan Adam).

    Dalam Al Quran tidak ada Informasi berapa tahun jarak antara Nabi Adam as dengan Nabi-nabi lain yang disebutkan dalam Al Quran, jadi sangatlah mungkin jarak waktu antara Nabi Adam as dengan Nabi-nabi lain memang sangatlah lama, bukan hanya selama 10-20 ribu tahun.

    b. Manusia seperti kita disebut ilmuwan dengan sebutan Homo Sapiens dan berbeda dengan Homo-homo yang lain yang pernah ada.
    Itu lah yang dimaksud الله dalam Al Quran dengan FirmanNya ” Kami lebihkan mereka (Bani Adam) dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan

    Jadi ini artinya semua Homo Sapiens yang pernah ada di muka bumi adalah Bani Adam (Keturunan Nabi Adam as).

    Wassalam

    • Nabi Adam memang manusia pertama, karena Allah SWT menegaskan didalam Al-Qur’an bahwa Dia men ciptakan Adam tanah dari lumpur yg hitam. Bahkan Allah juga menyatakan bahwa kejadian Isa itu sama dengan cara penciptaan Adam ,dengan sabda Allah:”Kun (ADA ) ,fa-yakun (maka adalah ia). Jadi Adam diciptakan dari Tanah, yg merupakan manusia pertama dan belum ada makhluk seperti dia sebelumnya. Allah SWT juga menegaskan bahwa manusia seluruhnya yg ada sekarang berasal dari manusia yg Satu.

      • Bung Ihsan, mungkin Anda benar. Quran surah Ali Imran ayat 59: Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah dia… >< Dan untuk diketahui, proses penciptaan Nabi Isa adalah melalui (dilahirkan) oleh Maryam… Apakah mungkin bahwa Nabi Adam juga dilahirkan? Bukan seperti anggapan kita selama ini? :)

    • Bung Ivan, jarak waktu Nabi Adam dengan nabi-nabi lainnya bisa kok ditelusuri. Memang dalam Quran tidak dijelaskan, tapi dalam Alkitab ada dan bisa dijadikan rujukan… Jarak dari Nabi Adam hingga sekarang diperkirakan 6000-7000 tahun…. :)

  5. Assalamu’alaikum… Ikut komentar yah …

    menurut saya, sebelum Nabi Adam sudah ada manusia-manusia lainnya. Dan Nabi Adam sendiri adalah satu keturunan dari manusia terdahulu itu. Hanya saja Allah memilih salah satu dari sekian banyak manusia itu untuk dijadikan Adam dengan dilengkapi akal yang sempurna yang pada saat itu akal yang sempurna masih berupa nur di tempatnya (Nur Ilmu – Nur Hikmah – Lauh Mahfuzh – Arsy).

    Wallahu ‘Alam Bish Shawab

    • teori ips tu memang benar ,,,

      tp ,,,, kita hidup
      sebebelum kita hidup
      ad hidup2 yg lain ,,

      kita lihat bumi kita dulu menyatu
      akhir nya terpisah

      sama aja ,,, dengan sesuatu tercipta bagus dan buruk
      ada masa nya masa-masa manusia-manusia ga ber akhlak dan manuasia yg berakhlak ,,,,

    • Antum Semua Tak Sadar akan betapa sempitnya logika kita untuk mengetahui rahasia ALLAH ,, Manusia Purba ,, ? Memang Manusia Itu Apa ? Apa Anda Tahu Semua ? Jangan Pada SOTOY ,, ilmu masih pada cetek pada ,,

      • Bung No Name, Tuhan menganugerahkan kita sedikit saja dari ilmunya. Tentu kita tidak akan pernah bisa mengungkap rahasia Ilahi… Tapi ilmu yang sedikit itu membuat kita penasaran dan terus berfikir. Memikirkan masalah asal usul penciptaan manusia bukan berarti Sotoy (sok tahu). Menurut saya, kita perlu tahu dari mana kita berasal karena di situlah kita akan kembali…. :)

    • Hmm… apakah mungkin manusia purba itu adalah satu bagian (fase) dari proses panjang penciptaan manusia dari tanah? Dan Nabi Adam adalah hasil dari proses panjang itu, yang disempurnakan dengan ilmu dan diangkat jadi khalifah di muka bumi. Wallahu alam…..

  6. penjelsan anda masuk akal..saya juga hampir sependapat dengan anda. dari beberapa sumber yang saya baca memang besar kemungkinan bahwa nabi adam as bukan manusia pertama. bahkan dari sumber yang saya baca ada makhluk-makhluk sebelum kita yang dari keturunan bangsa jin dan lebih aneh lagi bentuknya..sepertinya kita sebagai umat islam memang harus mulai menelitinya..
    terus buat “zzzzzzzzzzzzz” coba anda membaca literatur lain, tidak hanya buku-buku sekolahan..karena buku sekolahan cenderung lebih normatif dan dogmatis baik secara isi dan cara penyampaiannya..

  7. Allah Maha tahu, manusia hanyalah makhluk berumur pendek yg sok tahu…saling membodohi dg akalnya yg terbatas dan kebodohannya yg teramat sangat. Wallohualam. Mintalah petunjuk yg benar hanya kepadaNya. Allahu Akbar!

    • Ya sy sangat setuju…jnganlah kita mengejar kekuasaan Allah SWT dg logika, hanya dg iman lah kita bisa meyakini apa yg telah Allah firmankan dlm Al Qur’an…

      • ‘afala ta’qiluun?? sebanyak lebih dari 800 kali kata tersebut ada dalam Qur’an dan kebanyakan berhubungan dengan keimanan. Jadi Iman tanpa logika (akal) yang telah Allah berikan untuk manusia supaya dipergunakan karena akan dipinta pertanggungjawabannya kelak.

      • Manusia di bumi ibarat setitik debu. Dan bumi ibarat setitik debu di galaxy bima sakti. Bisa jadi, galaxy bima saktu juga hanyalah setitik debu di alam semesta…. Siapakah yang mampu mengejar kekuasaan Allah?

    • iya sama saya juga setuju, karena pemikiran manusia tidak bisa menjawab keseluruhan rahasia Lillahi karena memang logika manusia terpintarpun tdk ada 1% nya kemampuan Lillahi, semua sekarang hanya berbalik kepada keimanan kita sebagai Khalifah saja..

    • Assalamu alaikum K. Fajar Sadikin (Pendukung Garis Keras). Jika Anda ingin mengenal Tuhan lebih dekat, kenalilah dulu diri Anda sendiri… Artikel ini saya maksudkan sebagai proses untuk mencari tahu siapa sebetulnya saya sebagai manusia dengan ilmu yang terbatas hasil pemberian Tuhan. Bukan untuk membodohi Anda… Jika Anda punya pendapat yang berbeda, kemukakan saja…

      • M’f syh nimrung komen
        kita di cipta kan bkn untuk mengatahui Adam ckp tau saja Nabi da Khalifah, kita d cipta kan hanya untuk mengenal ma’na dr sifat 20 wujud kidam bako dan seterus nya, dan belajar fikih supaya kta tdk d jerumus kan oleh setan dan bwt bekal ibadah yg kuat, karna otak kita d cipta kan bkn untuk menggali pengetahuan ilahi, kita hrs ingat bahwa kafir ingin selalu membubar kan silaturahim kita dr dulu jga, dngn cara apapun. .termasuk manusia purba soal nya sepengatauhan syh manusia purba sering d temukan oleh bangsa kafir. .siapa tahu ith tengkorak satwa d jama Nabi Adam sejenis monyet seperti Dinosaurus yg telah punah d telan banjir D jaman Nabi Nuh. .siapa tahu d jaman Nabi Adam ith Kadal. .soal nya Nabi Adam menurut Hadis Rosul S.A.W 60 hasta tingginya kita sudah ada jelas dalam kitab2 Alloh atw kitab Ulama dri Al Qur’an 25 Nabi ith aja udah. .akal kita hrs d fikir kan ke ma’na yg d atas tdi, jngan ter kecoh sama juta juta tahun menurut Kafir kapir jga d per kira kan blm pasti, kita kan dah pasti dalam Qur’an bahwa Nabi Adam d cipta kan dri tanah, trs ada g Hadis Rosul yg bunyi nya Nabi Adam di lahir kan trs ada banyak Adam d bumi. .ROSULULLOH S.A.W Adalah tuntunan kita bahkan Rosul Pernah membelah bulan untuk membuktikan kerosulan nya, da Masih bnyak mukzizat2 lain psti pengetahuan Rosul lebih dari kita, .tv mengapa kita sotoy melebihi Rosul, ingat tidak semua bsa d jelasin sama Logika, .semoga bermanfa’at

  8. Untuk memperkaya wawasan saja.
    Sebuah penelitian yang dilakukan olah National Geography telah menghasilkan sebuah pametaan perkembangan manusia modern berdasarkan penelitian DNA.
    Silahkan buka link dibawah ini.
    http://ngm.nationalgeographic.com/big-idea/02/queens-genes

    Disini dijelaskan bahwa, manusia yang hidup sekarang ini adalah satu keturunan. Selama kurun waktu 200.000 tahun berkembang dan bermigrasi ke seluruh penjuru bumi. Disini dijelaskan juga bahwa daerah pertama perkembangan manusia adalah dari Afrika Timur.

    • Apa kabar Bung Alphabravo? Pada dasarnya Tuhan menyukai hambanya yang cerdas karena menggunakan ilmunya. Itulah sebabnya Ia menyebut Nabi Akhnukh (Henokh) dengan sebutan Idris (bahasa Arab Darasah: rajin belajar). Nabi Idris adalah seorang ilmuan di masanya… Dalam menciptakan sesuatu, Tuhan tidak seperti main sulap, tapi melalui mekanisme sebab akibat…. Sebagai contoh: Tuhan sejak awal menghendaki Nabi Adam sebagai khalifah di bumi. Tapi ketika Nabi Adam sudah ada di surga dan telah pula diciptakan Hawa sebagai pasangannya, keduanya tidak langsung dipersilahkan turun ke bumi. Tapi melalui proses… Tuhan melarang keduanya memakan buah Khuldi, tapi Nabi Adam dan Hawa tergoda oleh Iblis dan memakan buah Khuldi. Inilah yang menjadi sebab keduanya diturunkan ke bumi… :)

  9. Saya senang membaca ttg sejarah………..
    kadang apa yang anda utarakan,,ada benarnya…tapi saya juga punya pemikiran lain…
    memang ini sangat pelik.
    menurut saya pribadi…kalo memang ada manusia sebelum nabi adam as…bagaimana cara menjelaskan tentang penciptaan tuhan yang dalam 6 hari…padahal di surat terang2an di jelaskan pada hari ke 6..allah menciptakan manusia, tumbuhan dan binatang…kalo sebelumnya ada manusia yang tercipta…berarti allah bohong dong??? ga mungkin kan??…kalo alkitab juga bohong…g…tapi kalo berdasarkan temuan purbakala yang berumur ratusan bahkan ribuan tahun….aku juga bingung ………knapa bisa ada???
    lagi pula 1 hari dibumi di akhirat 1rb tahun…sedangkan temuan purbakala ada yang berumur 70rb tahunn….bingung juga ya,,,,,,,,,,,,,:D
    apa mungkin penemuan itu yang salah??? ga mungkin juga…..masak semua penemu salah mengklarifikasikannya????
    KESIMPULAN AKU………..
    7 HARI TUHAN MENCIPTAKAN
    1. HARI 1 CAKRAWALA
    2.
    3.
    4.
    5.
    6. MANUSIA..
    NAH MANUSIA ITU DAH ADA DIBUMI SEBELUM ADAM…KHUSUS ADAM MSIH BERADA DISURGA,,SEPERTI YANG KITA KETAHUI BAHWA ADAM BERADA DISURGA…
    SEMENTARA ADAM DISURGA KEHIDUPAN DIBUMI MSIH BERLANGSUNG..BUKTINYA BURUNG2 UDAH ADA SEBELUM ADAM BUKAN…..
    MUNGKIN MANUSIA JUGA UDAH ADA (WALLAHU ALAM) KHUSUS ADAM MASIH BERADA DI SURGA….KEMUDIAN ALLAH MENJADIKAN ADAM SEBAGAI KHALIFAH BUAT DI MUKA BUMI..BERDASARKAN KECERDASANNYA….UNTUK MENJADI KHALIFAH DI MUKA BUMI..(PENGATUR BUKAN MANUSIA PERTAMA……..DAN TENTANG BUAH LARANGAN ITU…??? APAKAH ITU SCENARIO????? AGAR ADAM TERLONTAR KE BUMI??? INI JUGA MEMBINGUNGKAN………KENAPA HARUS DGN BERBUAT KESALAHAN ADAM HARUS DI UTUS KEBUMI…MUNGKIN KARENA DIA MAKAN BUAH KHOLDY..SEHINGGA TERPETIK KEINGINAN TUHAN..BAHWA ADAM BISA BERFIKIR MANA YANG BAIK DAN BURUK SEHINGGA DIA PANTAS DIKIRIM KE BUMI….GITU KALI YA… PUCIIIIIIIIIINGGGGGGGGGGGGG…. :(( HUAA…HUAA,,,CAPE…> KALO ADA BERITA BARU KIRIM KE EMAIL AKU YA…NAMANAYA aku_lucu_lho@yahoo.com

    • Bung Felipe, komentarnya menarik. Intinya, dalam menciptakan sesuatu, Tuhan tidak seperti main sulap, tapi melalui mekanisme sebab akibat dan prosesnya tidaklah singkat. Proses penciptaan manusia mungkin memang bersamaan dengan tumbuhan dan hewan, dan semuanya berawal dari tanah. Soal perbandingan waktu ya memang seperti itu. Kita berada di bumi. Bumi itu hanya ibarat sebutir debu di galaxy bima sakti (milky way) dan galaxy bima sakti bisa jadi juga hanyalah setitik debu di alam semesta. Jadi ‘waktu’ di bumi itu memang singkat sekali jika dibandingkan dengan ‘waktu’ pada dimensi tempat di mana Tuhan berada…. :)

  10. Kelihatannya anda lebih percaya kepada analisa penemu fosil dari pada Al_quraan
    sebaiknya anda harus berulang-ulang menghayati Al_quran
    Bukankah ketika terjadi pembunuhan pertama di bumi antara habil dan qabil, untuk menguburkan saudaranya yg matipun manusia tidak bisa setelah seokor burung yg sedang menggali tanah untuk untuk menguburkan saudaranya burung, manusia (Qabil) menirunya yg dilakukan burung untuk menguburkan saudaranya
    sampai saat inipun manusia masih belajar dari burung contonya
    Untuk membuat pesawat jet manusia belajar dari burung yg terbangnya kencang
    untuk membuat kapal selam yg canggih manusia belajar dari ikan
    karena Allah sudah bejanji akan mengajari manusia lewat lewat ciptaanya
    Tidak kamu pikirkan Allah telah menciptakan langi tamap tiang dan telah menghiasi langit itu dengan bintang bintang

    • Ternyata manusia itu terbatas kemampunanya….hanya allah yang mempunyai segala rahasia dalam hidup…..Dia yg lebih tahu…

      • janga pusing,,ini hanya masalah iman …kalau yakin dengan alqur”an maka yakinilah sampai kita wafat
        jangan sampai kta trpecah belah karna ketidak pastian,yang ragu maka tinggalkanlah
        wallohi

      • Bung Mardi, manusia memang terbatas kemampuan atau ilmunya… Karena terbatasnya ilmu manusia itu, maka ia selalu penasaran dan berfikir…. Ini bagian dari rencana Tuhan atas manusia. Makanya peradaban manusia itu selalu berkembang… :)

    • Bung Abraham, saya ga ngerti mengapa Anda mengatakan saya lebih percaya pada analisa penemu fosil dari pada Al-Quran? Dalam tulisan saya ini tidak mengutip pendapat para penemu fosil. Saya hanya menyebut beberapa fosil manusia purba yang pernah ditemukan sebagai perbandingan. Apa itu salah?

      • Sebaiknya anda perbetulkan iman anda. Rasanya anda terlalu mengikut logika di bandingkan penerangan al-Quran.

  11. mnrut saya mhluk yg kita (penemu) temukan fosilnya atau umum di sebut manusia purba itu tidak bisa di sebut manusia seutuhnya,..
    menurut saya mahkluk(manusia purba,binatang purba, dll) yang diciptakan pertama oleh allah memang bukan nabi adam,.tapi manusia pertama yang di ciptakan oleh allah itu sudah tentu nabi adam.

  12. Nabi Adam adalah manusia pertama yg diciptakan oleh Allah SWT dari tanah yg diambil dari bumi. Yang kemudian dibentuk manusia mati lalu diisi dengan roh sehingga menjadi manusia hidup. Kalo homo-homo atau yang disebut dengan manusia purba itu bukannya manusia melainkan monyet. jangan disamakan monyet dengan manusia (Nabi Adam). Dalam Al-Qur’an sudah jelas. Memang banyak versi cerita, tapi ingat jangan sampai keimanan kita goyak karena cerita2 yang membingungkan kita. semoga kita tidak terpengaruh dengan cerita2 atau sejarah yang membingungkan. selagi kita kembali kepada Al-Qur’an insya Allah kita akan selamat. amin.

  13. tidak semua keturunan nabi adam itu cerdas. Buktinya sekarang aja msh ada manusia yg hidup primitif di hutan seperti suku anak dalam.. Barangkali kehidupan manusia purba itu tak jauh beda kehidupan suku primitif itu.. Tentu orang2 primitif tu msh anak2 nabi adam khan?

    • menurut saya, smua manusia itu pintar, tapi hanya fakto kemalasan yang mendasar maka biasa manusia itu dikatakan bodoh, padahal itu cuma dari kecepatan otak kita merespon dan menangkap apa yang didengar, dilihat, dihirup dan dirasakan.

      masalah suku primitif itu hanya faktor pergaulannya saja seandainya pritif itu mengenal dunia secara bebas maka dia tidak akan begitu, karna suku primitif masih menjunjung norma-norma leluhur mereka. mungkin seperti itu, coba kita telusuri dari mana keturunan kita, apakah memang sudah modern atau tidak, coba seandainya kita terlahir di kalangan primitif pasti pikiran kita akan sama dengan mereka, tapi untung kita terlahir sudah mengenal dunia global (hehehe)

  14. Assalamu’alaikum…
    1.Nabi Isa as bukanlah Yesus…
    2.Fakta adalah kebenaran yang berasal dari Allah…
    3.Buat apa membandingkn Alquran dengan Injil karena secara mutlak Alquranlah yang sempurna
    4.Adam as adalah manusia pertama dan adapun temuan-temuan tentang asal mula manusia yang katanya “fakta” evolusi dari kera adalah faham yahudi untuk merusak sejarah manusia
    5.Adapun malaikat mempermasalahkan proses penciptaan manusia yang diragukan tabiatnya adalah malaikat tersebut tidak mengetahui apa-apa dan yang membuat malaikat berkata demikian adalah ulah dari jin yang membuat kerusakan sebelum penciptaan manusia
    5.Wacana di atas memang terdapat kebenaran tetapi dalam penyajiaannya memasukkan paham-paham liberal,paham yang mengedepankan akal daripada iman
    6.Belajarlah bahasa Arab karena wacana di atas meskipun ingin menyampaikan kebenaran tetapi dalam menafsirkannya hanya terpacu pada terjemahannya saja yang menyebabkan penyimpulan dari 1 sudut pandang,sedangkan konteks bahasa Arab itu luas sehingga hikmah melalui penafsirannya
    Wallahu’alam

      • Mbak Akhwat, artikel ini memang berawal dari ketidakjelasan, saya hanya merangkai informasi-informasi yang saya peroleh yang sangat terbatas. Makanya saya sangat berterimakasih kepada teman-teman yang sudah memberikan sumbangsih pikirannya dan memperkaya tulisan ini… :)

    • benar…setuju jg..
      karena memang Allah sebelum ada yg namanya iblis, sebenarnya Allah menciptakan Jin dan Malaikat tetapi ada jin yang membangkang oleh sebab itu disebut iblis dan itulah yg menjadi penggoda iman kita dan mengusik keimanan diri kita,
      lebih baik jika mencari pembenaran saya setuju cari dari Al-Qur’an..

    • Bung Jasad Pinjaman, maaf ya, saya seorang muslim tapi saya gak suka debat tentang agama. Agama itu soal keyakinan, siapa pun boleh memilih… Kalau soal saya ga ngerti bahasa Arab, memang iya, cuma bisa membaca (mengaji)… Tapi soal iman dan ilmu, insya Allah saya terus berusaha menyeimbangkannya. Karena Allah tidak menyukai orang yang berilmu saja, menyukai orang yang beriman saja, dan sangat menyukai orang yang beriman dan berilmu….

  15. Semuanya ga ada yang bener,, semuanya yang menemukan /menyebarkan adanya manusia pertama adalah bohong, sama aja dengan melakukan kebohongan publik alias Melakukan pembenaran sendiri (kelompok),, Tidak ada yang tau siapa manusia pertama didunia ini,,, jangankan manusia pertama,, kakeknya kakek kita aja ga ada yang tau nama dan wujudnya,, boro2 manusia pertama, boro2 nabi adam, Kalo mau tau bukti dan fakta cari urut2annya siapa bapak kita, siapa kakek kita, siapa bapaknya kakek kita, siapa kakeknya kekek kita dan seterusnya mampukah kita menelusurinya, kalo ga mampu, jangan harap bisa ketemu siapa manusia pertama di muka bumi ini ….

    • Astaghfirllah, bkn bermaksud SARA tetapi setiap agama tertutama agama” samawi menyatakan dan beriman tentang itu, semua itu bersangkutan dgn iman seseorang.. tdk ada yg bisa menyalahkan atau disalahkan… hanya saja apapun agama anda, lbh baik anda sedikit mendalami jikapun anda Atheis mungkin itu hak anda tp lbh baik kita tdk perlu membuat suatu komentar jika kita tdk yakin karena lbh baik kita diam dari pada menjadi sesuatu yg tdk baik bagi diri dan org lain..

      dan jika anda Islam saran saya perbnyk diri untuk dtg ke mesjid dan bnyk melakukan tanya jawab dengan ustad agar keimanan kita lbh baik lg..

  16. Kalo menurut saya sich yg dikatakan fosil manusia purba itu sebenarnya hanyalah fosil sejenis kera yg sekarang sudah punah, mereka berjalan tegak tetapi mereka bukan manusia melainkan hewan yg hidup berkelompok, mengenai penggambaran sosok sebenarnya berdasarkan fosil temuan para ahli yg merujuk pada bentuk manusia itu hanyalah merupakan rekayasa semata jadi mungkin bentuk rupa wajahnya tidak seperti yg kita lihat sekarang yg mendekati wajah manusia tapi justru malah mendekati wajah monyet hanya Nabi Adam As dan keturunannya sajalah yg mempunyai wajah yg sempurna seperti wajah manusia yg kita lihat sekarang ini ini sesuai dengan yg dijelaskan dalam Al Quran…. kemudian mengenai para malaikat yg semula keberatan karena Allah akan menciptakan khalifah dimuka bumi ini menurut saya karena malaikatpun diberi kemampuan oleh Allah untuk melihat masa depan atas izin Allah…jadi para malaikat itu tau belaka hal ihwal tabiat manusia yang akan diciptakan oleh Allah….karena bukankan dalam Al Quran sudah dijelaskan bahwa pembunuhan manusia pertaman didunia adalah dibunuhnya Habil oleh Qabil (keduanya merupakan anak2 Nabi Adam As) dimana diketahui karena Qabil iri terhadap Habil yang ternyata mendapat istri lebih cantik dari yg didapatkan oleh Qabil….demikian menurut saya…

    • masih ada yg percaya fosil dr jaman purba?
      di sangiran banyak ya..?, lo ga salah situ dulu pusat kerajaan majapahit?
      Cb cek bekas-bekas pusat kerajaan.., kayaknya banyak fosil manusia purba deh.. Kalo menurutku sih, tulang belulang biasa, hanya mungkin kompisisi, struktur tanah yg berbeda2 yg menyebabkan tulang belulang itu ada yang hancur, ada yang utuh.

  17. Adam memang manusia pertama
    Alquran adalah kebenaran yang mutlak
    Ilmu sejarah tentang manusia banyak bohongya.
    zaman nabi Adam hidup tentu sangatlah lama, bukan 7000 thun yang lalu , itu salah….,terlalu singkat :P,
    hanya Allah yg Maha Tahu,..,Dia hanya menyuruh manusia berfikir dan mencari bukti kebenaran.., berdasrkan petunjuknya yaitu Alquran dan Hadist Rasulullah SAW,…

    • hai anakcucuadam, jangan juga terlalu menutup diri dengan ilmu dari ‘luar’. Soal waktu, Quran sudah menyatakan bahwa manusia hanya mampir sebentar di bumi. Jadi kalau ditemukan angka 7000 tahun dari jaman Nabi Adam hingga sekarang itu masih wajar. Tapi bukan berarti bahwa bumi ini juga baru berusia 7000 tahun… :)

  18. Yg saya tau
    manusia purba 90% mati akibat letusan super vulcano toba
    73ribu thn yg lalu.
    Yg 10% mati akibat seleksi alam

  19. kalo menurut aku..,Alloh Swt menciptakan Nabi Adam As.. untk menjadi kholifah di bumi,
    dlm arti kata Kholifah Adlh pemimpin,, jadi Alloh menurunkan AdamAs ke bumi untuk memimpin.. berarti ada kehidupn sblm Nabi Adam as.. dan Nabi adam di uts untuk menjadi penyelmt buat nya,,

  20. dr atas sampe bawah saya baca semua.,.,.,.
    dan hasil nya saya bingung.,.,.
    kenapa harus susah2 mikirin gituan,.,.,

    padahal cukup aja dengan percaya AL-QUR’AN,.,.,.
    gk perlu + gk usah ribet2 mikirin manusia pertama yang hidup di bumi.,.,.

    itu bisa mempertipis iman kita loh.,.,.,
    kalian mencari tau = kalian meragukan kebenaran AL-QURAN.,.,.
    dan itu artinya ???

    punten ah bilih lepat nyarios, mung masihan komentar we abdi mah,.,..,
    kaanggo alhamdulillah.,.,.
    teu kaanggo teu masalah.,.,.,!

    ©AINGURANGSUNDA™

  21. ikutan komentar yaa bro

    bila adam manusia pertama berarti adam tidak dilahirkan = tidak mempunyai tali pusat

    keterangan beberapa kitab suci mengatakan penciptaan adam sama dengan penciptaan isa

    pendapat saya adam merupakan manusia pertama yang ber ahlak mulia yang mampu mempelajari ilmu ilmu Allah

  22. DASAR PERTAMA= ,QS.Albaqarah:30 , [["Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: 'Sesung­guhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.' Mereka berkata: 'Mengapa Engkau hendak menjadikan khalifah di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menum­pahkan darah, padahal Kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau ?' Tuhan berfirman: 'Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.'" (QS. al-Baqarah: 30) Selanjutnya QS.surah Al Hijr : 26 dan surah as Sajdah:7,,,,DASAR KEDUA=,,lalu hadist Rasullulah ''“Sesunguhnya manusia itu'' berasal'' dari Adam dan Adam itu (diciptakan) dari tanah”. (HR. bukhari],,jadi saya tetap berkeyakinan kl manusia pertama adalah Adam.as.

    • Bung Ali Taufik, terimakasih komentarnya… Saya pun meyakini bahwa Nabi Adam adalah manusia pertama yang utuh dan sempurna dan berasal atau diciptakan dari tanah. Hanya proses penciptaannya yang menimbulkan interpretasi yang berbeda. Kebanyakan orang berfikir bahwa penciptaan Nabi Adam dari tanah itu bersifat instan (membentuk tubuh manusia dari tanah lalu dihidupkan), ada juga yang berfikir penciptaan Adam melalui proses yang sangat panjang, sepertihalnya penciptaan tumbuh-tumbuhan dan hewan… Wallahu alam….

  23. Hmmm… Ana kurang setuju dengan tulisan diatas karena mengambil dari sumber2 yang tidak jelas. Ana yakin bahwa Nabi Adam adalah manusia pertama. Dan Nabi Adam tidak punya ayah dan ibu. Beliau diciptakan dengan tangan Allah langsung. Kita takkan pernah tahu kapan masa hidup Nabi Adam, hanya Allah yang tahu. Dan sekali lagi waspadalah merujuk pada sumber2 yang tidak jelas karena hanya akan menambah syubhat. Mantaplah dengan aqidah yang benar.!
    Masalah manusia purba, sepertinya ana kurang begitu percaya atau bahkan tidak percaya bila nenek moyang kita adalah manusia purba. Itu hanyalah teori orang2 kafir. Antum lebih percaya Allah atau orang kafir..??
    Allahu ta’ala a’lamu bish showab.

    • Mbak Ahwat, kalau boleh tahu apa yang Anda tidak setujui dari tulisan ini? Rasanya saya tidak menyimpulkan bahwa manusia purba adalah nenek moyang kita…. :) Tapi terimakasih atas sarannya, beberapa bagian dari tulisan ini memang hasil membaca artikel ‘barat’…

  24. Teori Logis – Dengan adanya bencana alam dahsyat dan berulang dengan jarak waktu ratusan atau bahkan jutaan tahun dimungkinkan mahluk di bumi sebagian besar punah seperti dinosaurus dan mahluk prasejarah lainnya termasuk pula mahluk yang mirip manusia sekarang ini, setelah pada punah diciptakan mahluk baru lagi..

    • Bung Doni, terimakasih komentarnya. Bencana alam dahsyat adalah mekanisme alam untuk menyeleksi mahluk hidup di dalamnya (misalnya dinosaurus dan homo-homo sapien). Bencana ini pasti ada sebabnya dan terpola (membentuk siklus). Bisa jadi, ini yang akan terjadi di akhir zaman… wallahu alam…. :)

  25. Menurut pendapat saya, tidak ada surga (janah). memang seperti apasih itu surga? surga atau janah itu diciptakan oleh individu manusia. konkritnya, bila ia senang didunia ini, maka ia telah berhasil menciptakan janah, begitu pula jika ia sengsara didunia ini, maka ia merasakan berada di neraka (nar). hal ini berlaku hukum fluktuatif. jadi Adam tidak pernah tahu seperti apa itu janah. letak kesalahannya adalah ketika Adam memakan atau mengambil sesuatu yang bathil (kholdi), sebab Allah menyediakan antara haq dan bathil untuk menjadi pilihan ilmu, dan Adam pernah salah memilih jalan bathil. apa2 apa yg pernah didongengkan mengenai makan buah kholdi, pelurusannya adalah ia pernah telah mengambil jalan salah yaitu jalan bathil yang hingga generasinya sampai kita sekarang ini tetap berlaku pilihan haq dan bathil. bisa ditebak, jalan bathil adalah pilihan terbanyak manusia saat ini, terlepas ketidak tahuan ilmu itu atau memang sdh terjerumus pada situasi saat ini.

    • Bung Martyjohn, makasih sudah berkomentar. Tapi kita tidak sedang membicarakan ada tidaknya surga dan neraka. Boleh saja Anda berkesimpulan seperti itu, ok….. :)

  26. yang disebut MANUSIA itu adalah bani-adam as..yaitu kita2 sekarang ini..
    Adam as adalah manusia pertama..
    Adam as memang bukan MAHKLUK berakal pertama yg di ciptakan Allah SWT, seperti halnya cro-magnon,dll.
    Tapi mereka bukanlah manusia..hanya mahkluk berakal..

    • Bung Ricky, terimakasih komentarnya. Kita sepakat soal kita-kita ini adalah bani Adam. Tapi Nabi Adam as jelas berbeda dengan cro magnon dll. Nabi Adam manusia yang sempurna dan sudah diberi ilmu (akal)…. :)

      • Nabi Adam AS bukan manusia sempurna tapi makhluk yang sempurna yakni sebaik-baik ciptaan, Kalau (Nabi Adam AS manusia yg sempurna bermaksud ada lagi dr kalangan manusia yg kurang sempurna. Adam AS adalah manusia pertama tapi bukan makhluk pertama. Adam AS di cipta untuk menjadi khalifah atas mukabumi, dan ada persoalan dr keterangan yg menjelaskan Malaikat kiranya protes dan mengatakan tentang makhluk berbuat kerosakan di atas bumi. Ini adalah mengenai satu makhluk yg bernama Jann yakni Jin. Makhluk ini di berikan keistimewaan dalam dan ilmu yg lebih modern namun kesombongan makhluk inilah yg menyebabkan jdnya pertumpahan darah sesama mereka. Dlm beberapa kitab dan hadist ada menerangkan ttg perjanjian Jin dgn Allah SWT agar mereka tdk boleh di lihat secara zahir tp mereka dpt melihat manusia secara zahir.

        Kembali cerita pertumpahan darah tadi.. di situlah Jann itu d ambil Malaikat naik kelangit lalu ia menjadi makhluk yg paling tinggi keimanannya dan di angkat menjadi penghulu Malaikat. Ia di sebut berlainan nama pada tiap langit dan yg selalu di sebutkan adalah AZAZIL yg merupakan Jann yakni bapa bg makhluk Jin.

        Setelah penciptaan Adam AS , Azazil tidak mahu tunduk kerana kesombongannya merasakan penciptaannya adalah lebih mulia sedangkan adam AS dr tanah. Tidak hairan kalau Azazil bersikap sombong kerana ia berasal dr makhluk Jin yg banyak berbuat pertumpahan darah. Kisah pertumpahan darah itu terjadi sama seperti kita sprt contoh pembangunan senjata Nuklear. Bgtu jg pertumpahan Darah bg makhluk Jin yg memenuhi bumi sblum manusia, Jin memiliki ilmu teknologi yg tinggi namun keimanan, ada banyak jenis jin. Ada yg terbang, d dasar laut, d daratan , dan berbagai rupa bentuk, ada bersayap dan ada tidak. Penjelasan ini semua ada dalil dan fakta penemuan. Maka carilah sumber yg jelas.

        Ku akhiri cerita, setelah itu Allah murka terhadap Azazil lalu merubah rupanya jadi makhluk yg hodoh, bertanduk, bibir seperti sapi/unta.. mata nya terbelah, janggut 7 helai, bertaring sprt babi dan seterusnya. Maka di situlah ia di sebut sebagai Iblis Laknatullah(yg laknati Allah).

        Semua penemuan itu ada pada kerajaan Russia(ada beberapa keping foto yg tersebar d internet/carilah) termasuk barangan dlm kapal Nabi Nuh AS. Kajian Ilmiah ttg ternologi makhluk Jin tdk terdapat dlm google saudara, tp dalam buku Muhammad Isa Dawud. Semua ini aku dapati dr secara tdk sengaja atas permohonan doa ketika bermula cari ilmu dgn bermula bacaan BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

        kebenaran itu kita kembalilah pada ALLAH SWT, berpegang pada kitab-Nya dan Sunnah Rasul-Nya Muhammad SAW.

        Ahlul Sunnah Wal Jamaah | ISIS

        ASSALAMMUALAIKUM

  27. hmmm,, saya ikutan komen dikit ya..

    kalo menurut logika saya seperti ini,,
    Adam turun ke bumi itu bukan saat Adam baru diciptakan.

    Adam sudah diciptakan sebelum Homo Sapian dkk (aku ga tau istilah2nya hehe) berada di bumi,

    secara matematis mungkin gini..

    Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah.
    Adam bukan manusia pertama yang ada di bumi.
    Homo sapien dkk adalah manusia yang ada di bumi.
    Pada saat Adam di surga, Homo sapien sudah ada di bumi.

    naah coba kita cermati (apa ada yang salah dari kondisi tersebut) lalu kita buat urutannya

    1. Adam manusia pertama diciptakan dan tinggal di surga
    2. Setelah adam, Allah menciptakan homo sapien yang tinggal di bumi
    3. Adam di turunkan ke bumi melalui kelahiran dari seorang homo sapien

    naaaah kalo kondisi seperti ini menurut saya memungkinkan jika Adam ada di bumi sekitar 6000an tahun setelah adanya homo sapien.

    Sebenarnya masih banyak kondisi yang memungkinkan lagi yang bisa membuktikan bahwa Al-quran benar.

    • mentang2 monyet monyet monyet monyet dan monyet bisa nyalain api,berburu bawa tombak trus d samain sm mnusia, itu kn cra monyet hidup tp udh brevolusi,,,, manusia dn monyet itu beda, tw kn,, mau2nya d samain sm monyet,..kl anjing bs maen bola, trus anjing it mnusia, trus kl gajah bs maen petak umpet, jd gjah mnusia, trus kl babi mkan nasi brti gajah mnusia, ……. ngulik d wjibkan, tp ngulik kaya gni yg bkin islam pecah belah…

    • Bung Taufik, terimakasih, komentarnya cukup memperkaya tulisan ini. Dalam beberapa hal pendapat kita sama, tapi memang agak bingung juga ketika menuliskannya agar tetap logis, tidak dianggap mengada-ada dan tidak keluar dari pakem… :)

  28. Assalamialaikum Wr. Wb.

    Dari banyak sekali dan panjang sekali komentar, kok tidak ada yang menjelaskan arti kata manusia. Awal mula ada kata “manusia dari mana ?” Dan kenapa disebut manusia ? Kalo sudah ketemu insyaAlloh jawabannya pasti ketemu. Silahkan dirujuk dari semua kitab suci masing2. Terima kasih.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    • hai fiadamma, seandainya Anda mau berbaik hati menuliskan di sini arti kata manusia, awal mula ada kata manusia dan kenapa disebut manusia, pasti tulisan ini menjadi sangat komprehensif. Saya tunggu ya….

  29. Apakah ada unsur conspirasi dunia terhadap Tuhan Yang Masa Kuasa….untuk membelokkan persepsi Penciptaannya..jangan terprovokasi..teguhkan pendirian

  30. bnar, nabi adam adalah manusia tertua, ente cuma menafsir dari penemuan fosil di sebuah negara, apakah anda pernah berfikir bahwa di negara lain mungkin saja ada fosil yg lebih tua dari yg ente sebut??
    Lalu soal malaikat…jika iya mampu mengetahui masa yang akan datang, mestinya ia jga tau kpan terjadinya kiamat, sedangkan untuk hal kiamat sudah d jelaskan, tak ada yg mengetahui kpan terjadinya kecuali ALLAH,,mungkin saja penulis sebelum nya salah menafsirkan ato mengartikan alqur’an…begitu mas bro..saya jga newbie..hehehe

    • Kl mnurut w sih bumi udh tercipta bebrpa kali + kiamat itu jg udh terjd bebrp kli, & mnrt w malaikat adlh manusia pda bumi sblm skrng yg d ubah Allah swt mnjdi cahaya jd mereka sdh tw sft dasar manusia,mk ktika Allah swt ingin menciptakan Adam A.S. Pra malaikat pda protes tntng sifat yg akn muncul pda dri manusia! :)

      • Bung Dast, kalau masalah bumi sudah tercipta beberapa kali dan sudah kiamat juga beberapa kali, saya sama sekali masih gelap, belum ada informasi hehehe…. :D

    • Bung koboyi, fosil yang saya sebutkan hanyalah contoh. Di negara lain bisa jadi ada juga dan mungkin saja usianya lebih tua… Trus, kalau boleh tahu ayat Alquran mana yang saya salah artikan? Rasanya tidak ada yang salah, soalnya nyontek di terjemahan…. :D

  31. numpang komen yaa

    kadang kita sebaga manusia memang selalu ingin untuk mencari tahu lebih banyak dan lebih banyak lagi. tidak ada salahnya, justru malah bagus dan memang manusiawi, akan tetapi apa yg kita peroleh setelah kita mengetahui kebenaran dari pertanyaan kita? apa tujuannya?
    Allah SWT menciptakan ilmu pengetahuan semata mata agar kita bersyukur kepada Allah dan mengetahui betapa hebatnya Allah.
    Memang sebagai manusia kita sering menanyakan asal usul kita, tp ada suatu saat dimana itu bukan lagi urusan kita untuk mempertanyakannya, karena itu rahasia Allah.

    Menurut saya pribadi ada kemungkinannya Allah menciptakan manusia lain sebelum Adam, jadi Adam bukanlah manusia pertama melainkan khalifah pertama, akan tetapi, untuk mengetahui itu semua dibutuhkan perhitungan yg mantap mengenai selisih usia nabi Adam sampai sekarang, juga dibutuhkan perhitungan yg mantap mengenai selisih Adam dengan manusia sebelum Adam.
    jadi memang terlihat membingungkan dan misterius, karena memang manusia sekarang hanya menerka nerka mengenai perhitungan tersebut.

  32. ass semuanya..

    menarik sekali…menurut sy nabi adam as adalah manusia pertama, homo sapien or lainnya adalah mahluk allah swt lainnya yang menurut para ahli volume otaknya mendekati volume otak manusia..karena ‘ hanya mendekati, maka itu mahluk yang disebut manusia purba tidak bertahan dengan kondisi bumi dan musnah.

    • hai legging, pendapat yang menarik… bisakah kita mengatakan bahwa semua ciptaan itu ada masa ‘kadaluwarsanya’? Dan ketika tiba masa kadaluwarsanya, maka ia akan punah. Misalnya dinosaurus. Mahluk sekuat ini ternyata bisa punah… :)

  33. kalau saya memahami surat al baqoroh tentang penciptaan adam ada 2 point yang harus diperjelas.
    malaikat tau bahwa manusia itu perusak dan penumpah darah. maksudnya adalah bukan tahu bahwa manusia itu akan saling berperang dan membunuh tetapi karena manusia tercipta dari tanah dan tak ubahnya seperti hewan, mereka di sebut perusak dalam al quran karena hewan seperti kambing akan merusak rumput untuk makannya, dan maknya menumpahkan darah maksudnya karena hewan seperti harimau akan memangsa kambing untuk makan. sebab itulah malaikat (golongan iblis) mengatakan manusia itu tak layak jadi kholifah karena mereka sendiri memakan gas (hadits rosul: setan memakan gas dari tulang, kotoran, dll) tak perlu merusak dan membunuh sedang manusia yang dari tanah seperti binatang pasti melakukan itu. jadi adakah manusia sebelum nabi adam? tidak, adakah hewan sebelum nabi adam? ya. wallahualam…

  34. Menurut saya Nabi Adam itu hasil experimen Alien yang untuk menggantikan manusia purba yang punah terkena bencana alam…

  35. Nabi Adam memang bukan manusia pertama yang di ciptakan oleh TUHAN YME/ALLAH SWT, saya yakin itu karena jika kita tidak yakin dengan pendapat itu berarti saya tidak percaya dengan TUHAN YME/ALLAH SWT.

  36. manusia purba jaman batu adalah keturunan Nabi adam as , coba tengok di indonesia aja manusia primitif masih ada yg notabene sekarang udah masa digital masa enternet , coba aja di pikir secara nyata!

    • Hmm… salah satu yang mendorong saya untuk menulis artikel ini adalah masalah primitif dan tidak primitif ini sebetulnya. Mengapa ada kelompok manusia yang peradabannya sangat maju, di sisi lain ada yang masih sangat terbelakang. Seharusnya kan tidak berbeda jauh… Tapi kalau dikatakan manusia purba itu adalah keturunan Nabi Adam, ya nggak tepat juga… :)

    • baru siang tadi tajuk hebat ini saya perdebatkan bersama keponakan saya. perihal benarkah adam sebagai manusia pertama di muka bumi ini. waduh2 seperti dipimpin saja jemari saya utk mengklik web ini. ternyata sebagai manusia yang lain saya turut terdesak untuk tidak meyakini bahawa adam itu manusia pertama tetapi benar dia adalah nabi/khalifah pertama di atas muka bumi Allah ini. wallahualam…..

  37. Asslkm..kalo menurut sy sesuai Alquran,Adam adalah manusia pertama.Sama seperti dinosaurus,mammoth,harimau gigi pedang dll,austrophltcus,homo habilis,dan jenis makhluk purba lain telah punah terutama karena seleksi alam dan memang kondisi bumi yg msh berproses iklimnya. Nabi Adam diturunkan ke bumi saat bumi sudah sempurna dan makhluk makhluk hidupyang ada adalah yg bertahan trhd seleksi alam seperti burung.anjing,buaya.dll yang sampai saat ini kt msh jumpai.demikian.

  38. mentang2 monyet monyet monyet monyet dan monyet bisa nyalain api,berburu bawa tombak trus d samain sm mnusia, itu kn cra monyet hidup tp udh brevolusi,,,, manusia dn monyet itu beda, tw kn,, mau2nya d samain sm monyet,..kl anjing bs maen bola, trus anjing it mnusia, trus kl gajah bs maen petak umpet, jd gjah mnusia, trus kl babi mkan nasi brti gajah mnusia, ……. ngulik d wjibkan, tp ngulik kaya gni yg bkin islam pecah belah…

    • perasaan dari tadi ga ada yang ngomongin monyet kecuali ente. mana ada monyet bisa nyalain api? Apalagi berburu, pake bawa tombak segala… Klu ga ngerti, ga usah komentar deh… :)

  39. Jangan anggep homo2 itu manusia, yg menyebut homo2 itu manusia, pertama kalinya siapa ?? Allah kah ?? Qur’an kah ?? Orang barat kan.
    Malaikat bisa tahu kalau di kasih tahu oleh Allah,, malaikat tidak bisa belajar.
    Jadi sebelumnya malaikat sudah dikasih tahu oleh Allah tentang manusia.

    • Bung Angga, arti kata homo itu memang manusia, dan yang menyebut demikian memang orang Barat. Trus apa masalahnya? Masalah buat ente? Seperti halnya dinosaurus, homo-homo itu memang pernah ada, bukan isapan jempol belaka. Dan homo-homo itu bukanlah sekumpulan monyet…. :D

  40. Pingback: Terbuai Indahnya Syurga… (Kisah Nabi Idris as) | Rumah Sejuta Ide

  41. Pingback: Ratusan Tahun Merindu… (Kisah Adam & Hawa) | Rumah Sejuta Ide

  42. Pingback: Nabi Idris Menulis Tentang Lemuria, Altantis… | Rumah Sejuta Ide

  43. perbanyak baca lagi km. Secara keilmuan, bentuk bumi bergeser / berubah beberapa kali, karena efek penuaan bumi, perubahan iklim, hujan meteor dll. jadi adam turun dimana ya gak bisa dijawab krn daratan bumi pada saat itu, beda dengan sekarang, mungkin saja atlantis. terus gimana adam hawa diturunkan ke bumi, berbarengankah? itu di kitab sudah ada, mereka diturunkan dalam keadaan terpisah sekian jarak, dan bertemu kembali setelah sekian waktu. kebenaran itu ada beberapa versi berdasar keyakinan si pengikut. ada yg tunduk pada dogma agama sehingga mengurangi fungsi rasionalitas, ada pula yg freemasonry yg mengunggulkan iptek namun tetap menghormati Tuhan, sembari membuktikan setiap teori agama. ada pula yg masa bodo, juga ada pula yg cm copast. salam damai

  44. Penciptaan menurut saya lebih cenderung kepada proses bertahap, bukan sesuatu yang tiba tiba ada. yang saya cermati sejauh ini begitu. perjalanAN sejarah kehidupan manusia yang panjang menjadikan mereka mengembangkan dan memiliki potensi kecerdasan. Demikian juga proses penciptaan MANUSIA sampai terlahir Nabi Adam yang memiliki kualitas menjadi seorang khalifah. Menurut saya Nabi Adam dilahirkan.
    Jika pada awal pertama alam semesta ini diciptakan dengan tiba tiba (termasuk manusia, binatang, tumbuhan ,dll), kenapa model penciptaan seperti itu tidak bisa kita saksikan saat ini? ………. adakah dalil yang menjelaskan tentang mulai dan selesainya sebuah model penciptaan? …….. kemudian digantikan dengan model penciptaan lainya lagi ……. Yang saya saksikan sekarang adalah manusia (mahluk Allah, dan atas kehendaknya), melakukan penciptaan penciptaan (IPTEK).

    .

    • thu ka engkau penciptahan adam as mengambil masa selama 200 tahun baru sempurna semua ny..dan kehidupan adam di bumi selama 1000 tahun..itu belum di campur kan kehidupan adam di surga dan penciptahan hawa..mungkin juga mengambil 200 tahun..sebelum hawa di cipta kan nabi adam.. tela di perkenal kan kepada penguni langit pertama inga ke 7 jadi semua itu mengambil berapa ribu tahun..sedangkan sehari kat bumi beribu tahun dkat syurga..dan kehidupan adam kat bumi adalah 1000 tahun dan x ada yang tahu berepa lama adam hidup di surga mana kala sehri di bumi beribu tahun kat surga..x perlu kita campur aduk kan kitab islam dan kitab yang lain

    • Artikel yang menarik.

      Saya membaca dari komen pertama hingga terakhir, sangat panjang, tapi cukup menghibur hehe
      Bung Asmar sudah melakukan sesuatu yang baik, sabar menjelaskan kepada setiap manusia yang mampir di blog ini dengan segala tabiatnya,
      Arif dalam menyikapi tulisan komen pembaca yang kadang bersifat insecure, atau seakan merasa imannya sedang terkikis.
      Mencerdaskan meskipun ada beberapa tulisan komen yang bersifat offensif tapi tetap selalu dijawab dengan kata2 arif lagi mencerdaskan, bukan dibalas dengan kata2 makian maupun umpatan2.
      Hal-hal diatas menunjukkan kearifan, kesabaran, kematangan baik mental maupun ilmu penulis, :)
      Salam.

  45. Assalamualaikum
    Catatan menarik sbagai kajian ilmu
    Iman itu perlu Ilmu, kajian seperti ini sangat menarik dan 20 thn yg lalu saya pernah membacanya.
    Hijab terbesar hidup manusia itu adalah ilmu, bagaimana kita bisa menaikan iman bila ilmu kita masih terhijab.
    Al quran itu hanya sebagian kecil dari sunatullah yg tertulis, lebih luasnua lagi bahwa sunatullah itu berada di alam semesta ini.
    Trimakasih atas catatan ilmunya :)
    Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s